sila pertama butir ke6 aurellia

KeTuhan Yang Maha Esa

‘Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing’

Selamat pagi,perkenalkan saya aurellia dasilva ingin menyampaikan pendapat saya tentang sila ke 1 yaitu ketuhan yang maha esa.sebelum itu saya akan membahas tentang pancasila.

Ketuhanan yang maha esa yaitu percaya dan takwa kepada tuhan yang maha esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. Contohnya : kita harus mengikuti perintahnya, dan menjauhi larangannya, sebagai contoh agama islam yaitu sholat lima waktu yang tepat, beramal sholeh, dan beriman kepada Allah SWT.

Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia,dalam setiap butir-butir pancasila memang harus dipahami tetapi juga harus diamalkan setiap butirnya.sebagai rakyat Indonesia kita tidak hanya menghafal setiap butir pancasila tetapi harus menjalankan sila-sila tersebut di kehidupan sehari-hari.

Berikut adalah pendapat saya mengenai Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.
Menghormati setiap pemeluk agama yang sedang menjalankan ibadahnya atau dengan kata lain tidak mengganggu pemeluk agama lain yang sedang beribadah.

Selain itu Hormat menghormati dan bekerjasama antar pemeluk agama dan penganut-penganut kepercayaan yang berbeda-beda sehinnga terbina kerukunan hidup. Contohnya : seorang murid yang beragama islam dia mempunyai teman yang beragama khatolik , dia berteman sudah lama, sehingga kemana-kemana selalu bareng dan sangat akrab sekali dan mereka tidak lupa saling mengingatkan untuk beribadah kepada tuhan menurut agama dan kepercayaan mereka. yang beragama islam pergi sholat kemasjid, dan agama khatolik beribadah ke gereja . itu adalah sebagian dari hormat menghormati dan bekerjasama antar pemeluk agama dan penganut kepercayaan yang berbeda-beda sehingga terbina kerukunan hidup

Kesimpulan dari sila pertama butir ke 6 adalah,kita sebagai rakyat Indonesia harus saling menghormati dan menghargai sesame agama tidak tanpa membandingkan2kan agama tersebut karna kita satu kita Indonesia.
Terimakasih bapak tharim yang telah memberikan saya tugas tersebut yang membuat saya semakin mengerti tentang bagaimana itu toleransi sesama agama.
Sekian bapak tentang pendapat saya.selamat pagi dan selamat beraktifitas.

Tinggalkan Balasan

News Feed