“Mengembangkan Rasa Cinta kepada Tanah Air dan Bangsa”

Terbaru0 Dilihat

Selamat pagi…

Saya Martina Samantha dari kelas 1A Akademik Keperawatan Polri angkatan ke-27. Disini saya akan memaparkan butir butir Pancasila ke-3 poin ke 3 yaitu “ Mengambangkan Rasa Cinta Kepada Tanah Air dan Bangsa”.

Pancasila adalah pandangan hidup bangsa an dasar Negara republik Indonesia. Mengapa kita harus mencintai Negara Indonesia? Karena inilah titik awal para Pahlawan yang telah bertaruh nyawanya antara hidup dan mati dan bertumpah darah dan berjuang dengan susah payah demi mempertahankan negeri kita. Dan cara kita untuk mencintainya dengan “melestarikan, menjaga keutuhan bhineka tunggal ika,  dan mengharumkan nama bangsa dan Negara kita”.

 

Cinta tanah air salah satu kewajiban kita seluruh masyarakat yang hidup di suatu Indonesia. Penting rasanya jika kita memiliki rasa cinta tanah air ini terhadap suatu negara, memiliki rasa tersebut bukan hanya  menimbulkan kebanggan dalam suatu diri, tetapi juga  menimbulkan suatu ciri khas kita  pada setiap individual dalam bermasyarakat.

Menurut saya kita sebagai anak muda penerus bangsa harus menanamkan rasa cinta tanah air dan bangsa mengapa demikian? Karna jaman sekarang banyak anak muda bahkan anak kecil pun minin sekali rasa respect kepada bangsa, banyak yang melupakan kebudayaan asal kita sendiri, lebih mencenderung ke budaya luar. Dipulau perbatasan masih bagian dari Indonesia minin sekali dengan kebersamaan dan pengetahuan tentang Indonesia, jadi kalau pulau pulau ini kurang diperhatikan jangan sampai pulau tersebut berpisah secara perlahan membuat Negara sendiri.

Dan kita sebagai bangsa Indonesia harus membantu perekonomian Negara dengan cara membeli atau memakai produk dalam negri, agar bisa mengenalkan budaya kita.   Ini termasuk tugas kita sebagai bangsa Indonesia untuk memajukan kebudayaan kita sebagai generasi milenial,  Supaya budaya kita akan dikenal banyak turis jangan hanya di bali doangL.

Banyak sekali anak muda diluar sana yang masih kurang akan rasa cinta terhadap persatuan Indonesia. Rasa tersebut ini sangatlah diperlukan, agar kita tau bagaimana menjaga dan melindungi bangsa kita dari oknum oknum diluar sana. Dan kita sebagai generasi muda harus senantiasa menjunjung tinggi rasa nasionalisme kita kepada bangsa kita untuk lebih maju lagi, lebih baik lagi untuk bekal masa depan bangsa kelak nanti.

Ditahun 2020 ini banyak sekali penyakit penyakit yang ada, wajib banget untuk memakai masker karena dimulai dari diri sendiri harus ditanamkan rasa cinta dan peduli antar sesama, misalnya dari hal sepele aja. Patuhi protocol kesehatan aja saat pandemic covid 19 ini,dari satu orang patuhi bisa mengurangi penambahan pasien covid 19. Karena pemerintah sudah mengeluarkan bertriliyun dana untuk membantu kehidupan masyarakat yang kena dampaknya. Bila kita memiliki rasa cinta tanah air dan bangsa, seseorang tanpa ditegur untuk patuhi protocol kesehatan dengan sendirinya sudah melaksanakannya. Dengan patuhi protocol kesehatan maka kita sudah berjuang untuk memerangi virus ini demi tanah air dan bangsa ini.

sekian terimakasih…

 

 

Tinggalkan Balasan