BANGGA MENJADI MAHASISWA YANG MEMILIKI PERAN DAN TANGGUNG JAWAB KEPADA NEGARA 

Politik0 Dilihat

BANGGA MENJADI MAHASISWA YANG MEMILIKI PERAN DAN TANGGUNG JAWAB KEPADA NEGARA

“ Mengimplementasikan Semangat Juang 45 Kepada Mahasiswa Dalam Rangka Mewujudkan Generasi Emas Indonesia “

Dalam hal ini, kita sebagai mahasiswa harus mengetahui arti dari mahasiswa itu sendiri. Mahasiswa merupakan suatu kelompok dalam masyarakat yang memperoleh statusnya karena ikatan dengan Perguruan Tinggi. Mahasiswa juga merupakan calon intelektual atau cendekiawan muda dalam suatu lapisan masyarakat yang sering kali syarat dengan berbagai predikat. Namun jika kita mendefinisikan mahasiswa secara sederhana, maka kita akan menafikan peranannya yang nyata dalam perkembangan arus bangsa.

Ketika kita mencoba menyederhanakan peran mahasiswa dengan mengambil definisi ‘setiap orang yang belajar di perguruan tinggi’.  Definisi itu akan mempersempit makna atau esensi dari mahasiswa itu sendiri. Mengingat sejarah panjang mahasiswa dalam peranannya membangun bangsa.Sehingga peran mahasiswa dapat terbagi menjadi beberapa peran yaitu peran moral, politik, sosial dan akademi.

Dari yang sudah di sebutkan kita akan membahasanya secara rinci. Yang pertama peran moral di sini dapat di artikan mahasiswa yang dalam kehidupanya tidak dapat memberikan contoh dan keteladanan yang baik berarti telah meninggalkan amanah dan tanggung jawab sebagai kaum terpelajar . Jika hari ini kegiatan mahasiswa berorientasi pada hedonisme (hura – hura dan kesenanggan) maka berarti telah berada persimpangan jalan. Akan tetapi tidak semua mahasiswa yang memiliki sikap hedonisme.

Yang kedua ada peran sosial yang dapat di artikan mahasiswa harus menumbuhkan jiwa-jiwa sosial yang dalam atau dengan kata lain solidaritas sosial. Yang ke tiga adaapun peran akademik dapat di artikan Sesibuk apapun mahasiswa, turun kejalan, turun ke rakyat dengan aksi sosialnya, sebanyak apapun agenda aktivitasnya jangan sampai membuat mahasiswa itu lupa bahwa adalah insan akademik. Serta yang terakhir terdapat peran politik adalah peran yang paling berbahaya karena disini mahasiswa berfungsi sebagai presseur group ( group penekan ) bagi pemerintah yang zalim. Mahasiswa adalah kaum terpelajar dinamis yang penuh dengan kreativitas. Mahasiswa adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari rakyat.

Selain mahasiswa mempunyai peran, mahasiswa pun memiliki tanggung jawab nya. Ada beberapa hal yang harus mahasiswa tanggung jawab sebagai seorang mahasiswa. Mahasiswa menjadi perantara masyarakat yang miskin akses dan informasi dengan cara mengases program pemerintah serta mensosialisasikan program-program pemerintah dan juga segaligus sebagai pengontrol segala bentuk kebijakan dan jika terjadi penyimpangan yang dilakuakan pelaku pembuat kebijakan. Mahasiswa bertanggungjawab sebagai agen of change, kenapa dikatakan Pemuda/Mahasiswa Sebagai Agent Of Change karena Pemuda/Mahasiswa dapat berfungsi sebagai bagian dari masyarakat yang mampu mendorong, memotivasi, dan mempelopori terjadinya pembaharuan. Selain itu, Pemuda/Mahasiswa juga sebagai bagian dari Masyarakat yang dinilai memiliki intlektual dan memiliki pengetahuan yang lebih dibandingkan dengan Masyarakat pada umumnya karena lingkungan yang berbeda.

Yang dapat kita ketahui bahwa mahasiswa memiliki peran dan tanggung jawabnya, maka dari itu kita sebagai mahasiswa harus mengimplementasikan kedalam kehidupan. Sebenarnya kalau kita mengingat saat era revolusi, mahasiswa sudah mengimplementasikan semangat juang 45 yang sudah di terapkaan hingga menimbulkan korban dari mahasiswa. Maka dari itu, sikap mahasiswa dalam menyuarakan suaranya sampe saat ini masih tetap di terapkan untuk mempertahankan yang sesuai dengan ideology negara. Akan tetapi dalam menyuarakan suaranya mahasiswa saat ini lebih berhati-hati dan tetap mengikuti peraturan dari pemerintah. Sehingga di mungkiri untuk mengurangii terjadi nya korban serta kecelakaan. Akan tetapi saat suara aspirasi mahasiswa tidak di dengar, mungkin mahasiswa akan terus menekannya.

Dalam mengimplementasikan semangat juang 45 yang daapat di lakukan mahasiswa sebenarnya banyak. Seperti berpastipasi dalam menyuarakan suara rakyat apabila terdaat suatu peraturan yang tidak sesuai dengan dasar negara, mempertahankan dan membantu menyebarluaskan produk cinta Indonesia, menjauhi sikap korupsi.

Tinggalkan Balasan