mengimplementasikan semangat juang 45 kepada para mahasiswa dalam rangka mewujudkan generasi emas di indonesia

Assalamualaikum.wr.wb.

Hai semuanya, bertemu lagi bersama saya salsabilla rizkyta putri dengan nim 20073 dari akademi keperawatan polri. disini saya akan menulis sedikit tentang “mengimplementasikan semangat juang 45 kepada para mahasiswa dalam rangka mewujudkan generasi emas di indonesia.”

SEMANGAT JUANG 45

Dimana kita tahu negara kita negara indonesia pernah mengalami pahitnya dijajah oleh para penjajah dari negara lain, dimana para pahlawan pahlawan kita berjuang melawan penjajah, rela mengorbankan dirinya demi kemerdekaan negara ini.

Dari sikap kepahlawanannya dapat diartikan sebagai sikap yang gagah berani, pantang. menyerah dan berkoban sampai titik darah penghabisan demi mencapai kemerdekaan. Pada bulan oktober tepatnya tanggal 28, kita warga negara indonesia tidak akan pernah lupa memperingati hari yaitu hari ‘’SUMPAHPEMUDA’’, dimana pada zaman penjajahan para pemuda membulatkan tekatnya berjuang bersama sama melawan penjajah demi kemerdekaan negara indonesia.

Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan indonesia. Lahirnya sumpah pemuda yaitu pada tanggal 28 oktober 1928, dimana kita sebagai generasi muda penerus bangsa ini harus mengingatkandan mengamalkan isi dari bunyi sumpah pemuda.

Selain itu kita sebagai generasi muda harus hidup rukun, menerapkan sikap toleransi dan menumbuhkan sikap nasionalisme. Wajiblah kita sebagai warga negara indonesia mengenang jasa para pahlawan yang sudah berjuang demi kemerdekaan negara ini.

Peranan kita sebagai generasi muda harus selalu mengamalkan isi dari sumpah pemuda, selalu menumbuhkan sikap toleransi dan menumbuhkan sikap nasionalisme agar terciptanya kerukunan antar sesama umat manusia dan tidak lupa akan pengorbanan para pahlawan kita dan harus kita kenang sebagaimana mestinya.

Bagaimana cara menghargai jasa para pahlawan kemerdekaan Indonesia ditebus oleh pengorbaan para pahlawan bangsa. Kita sebagai penerus bangsa wajib untuk menghargai jasa para pahlawan.

Berikut adalah 11 cara menghargai jasa para pahlawan:

a. Dengan penganugerahan gelar pahlawan nasional.
b. Mengabadikan nama para pahlawan sebagai nama jalan, gedung, dansebagainya.
c. Membangun tugu peringatan, monumen, atau patung untukmengenang dan menghormati jasa para pahlawan.
d. Memperingati peristiwa-peristiwa penting dalam perjuangan bangsa.
e. Berziarah ke Taman Makan Pahlawan
f. Pada waktu upacara mengikuti dengan khidmat
g. Ikut mendoakan arwah para pahlawan
h. Melanjutkan perjuangan sesuai dengan kondisi sekarang.
i. Turut menjaga bentuk peninggalan sejarahnya
j. Hidup rukun dan bersatu
k. menaati tata tertib dan peraturan yang berlaku

Sebagai generasi penerus bangsa, sudah merupakan suatu kewajiban untuk meneruskan perjuangan itu. Tentu saja bentuk perjuangan itu harus disesuaikan dengan keadaan zaman dan kemampuan kita masing masing. Yang jelas, kita berkewajiban mengisi kemerdekaan dengan hal hal yang berguna.

Jadi dapat disimpulkan ‘’SUMPAH PEMUDA’’adalah satu tonggak dari bangsa kita untuk kemerdekaan negara ini dan dari sumpah pemuda dapat mengajarkan kita sebagai generasi penerus bangsa yang harus selalu menjunjung tinggi bahasa persatuan, tali persaudaraan antar sesama umat manusia, dan mengajarkan kita tentang bahwa kita sebagai generasi mesti selalu mengamalkan isi dari sumpah pemuda dan selalu mengenang jasa jasa beliau sebagai para pahlawan di zaman penjajahan dulu.

Sekian yang dapat saya tulis, kurang lebihnya mohon maaf.

Wassalamualaikum.wr.wb.

Tinggalkan Balasan