oleh

Ilmu yang Tersimpan Lama Itu Terpakai Lagi

-Media, YPTD-Telah Dibaca : 478 Orang

50 tahun yang lalu tepatnya tahun 1970, saat baru berusia 15 tahun, saya belajar bagaimana mengoreksi sebuah berita yang dikirimkan oleh wartawan dari daerah. Saat itu saya magang di Harian Haluan Padang. Mentor saya saat itu adalah Rusli Marzuki Saria, wartawan senior yang juga seorang sastrawan yang cukup banyak menghasilkan puisi dan diterbitkan di Harian Haluan. Setelah 4 tahun bergaul dibidang editing berita, saya merantau ke Jakarta.

Tahun 1985-1987, saat saya bekerja di sebuah perusahaan minyak asing Stanvac di Jakarta, ilmu yang saya pelajari di Harian Haluan itu terpakai lagi. Sebenarnya saya dikontrak hanya sebagai fotografer. Tapi karena sering mengurus buletin perusahaan, akhirnya saya diberi kepercayaan penuh untuk mengelola buletin yang terbit setiap bulan itu, serta majalah perusahaan yang terbit 2 kali setahun. Tapi dalam kontrak, job desk saya tetap hanya sebagai fotografer. Hanya saja setiap saya mengerjakan bulletin atau majalah, waktu saya yang terpakai dianggap sebagai lembur.

Sejak saya mulai aktif sebagai blogger di Kompasiana tahun 2009, baru ilmu tulis menulis saya itu benar-benar terpakai dan saya praktekkan secara penuh. Kelebihannya, bila dulu saya bekerja dengan mesin tik manual, sekarang saya memakai komputer atau laptop yang tentu saja semakin memudahkan saya dalam bekerja.

Berkat adanya komputer itu pula, sejak tahun 1996 saya belajar desain grafis secara otodidak, sebagaimana ilmu-ilmu saya yang lain yang saya pelajari tanpa melalui lembaga pendidikan formal.

Hadirnya YPTD sebagai penerbit yang menerbitkan buku gratis bagi para blogger atau siapa saja yang sudah mempunyai artikel yang siap terbit, rupanya membuat ilmu saya yang tersimpan puluhan tahun itu mendapat tempat untuk dipraktikkan lagi. Hal ini dikarenakan banyaknya blogger pemula yang menulis di website YPTD yang artikelnya akan dijadikan buku oleh YPTD, belum sepenuhnya menguasai bagaimana menulis artikel yang baik, khususnya masalah typo alias salah ketik.

Salah satu buku terbitan awal YPTD yang saya kerjakan bersama dengan Pak Thamrin Dahlan, yang artikelnya sepenuhnya diambil dari postingan di website  terbitkanbukugratis.id adalah Kompilasi Karya Penulis YPTD, seperti yang terlihat pada foto di atas.

Semoga saja karya-karya teman-teman penulis yang aktif menulis di website YPTD semakin banyak artikelnya yang dijadikan buku, khususnya buku tunggal yang sepenuhnya berisi hasil karya Anda. Selamat menulis dan menerbitkannya menjadi buku sebagai Mahkota Anda sebagai blogger.

Komentar

Tinggalkan Balasan