oleh

Tanggung Jawab Sebagai Warga Negara

-Terbaru-Telah Dibaca : 692 Orang

Tanggung Jawab Saya Sebagai Warga Negara Indonesia

(Saya Cinta Indonesia)

 

Tanggung jawab merupakan kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Tanggung jawab juga dapat berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran dan kewajiban. Tanggung jawab sudah menjadi bagian kehidupan manusia dimana masing masing akan memikulnya sendiri sendiri, sehingga tanggung jawab bersifat kodrati.

Setiap orang merupakan bagian masyarakat yang tinggal di suatu negara pasti memiliki kewajiban terhadap negaranya. Saya Shofi Eka Sabili memiliki kewajiban sebagai warga Negara Indonesia seperti menghormati perbedaan suku, agama, ras, dan golongan. Indonesia memiliki suku, agama, ras, dan golongan yang sangat beragam. Oleh karena itu kita harus menghormati sesama tidak boleh saling membeda bedakan. Dengan itu kita sudah bertanggung jawab dalam menjaga persatuan dan kesatuan.


Bentuk tanggung jawab lainnya juga dengan membayar pajak tepat waktu. Saat kita mempunyai kendaraan seperti motor kita wajib membayar pajak tepat waktu. Karena dengan pajak itu pemerintah mengelolanya lagi untuk membangun fasilitas masyarakat seperti fly over, fasilitas umum seperti sekolah dan rumah sakit.

Kita juga harus menaati peraturan peraturan di jalanan. Saat mengendarai motor kita harus mengetahui rambu rambu lalu lintas. Seperti yang kita ketahui saat lampu hijau kita jalan, lampu merah berhenti, dan lampu kuning berhati hati. Kita harus menaati peraturan tersebut, jangan sampai kita tidak menaati akan membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Pemerintah juga menyediakan fasilitas fasilitas masyarakat seperti taman kota, GOR, museum, perpustakaan. Kita sebagai warga Indonesia harus menjaga fasilitas yang sudah disediakan pemerintah. Kita tidak boleh merusak fasilitas kota.


Menjaga nama baik negara juga sangat penting dilakukan kita sebagai warga negara Indonesia. Jangan sampai dengan perilaku kita yang kurang baik menjadikan negara lain tidak atau kurang suka dengan negara kita. Seperti saat ada turis kita harus senyum atau ramah. Dengan itu juga negara lain menilai bagaimana sifat atau sikap warga Indonesia.

Di masa pandemi Covid-19 ini saya juga bertanggung jawab dalam menaati peraturan pemerintah seperti saat ‘lockdown’ yang diterapkan pemerintah. Saat itu saya menerapkan sistem ‘lockdown’ saya berdiam diri tidak keluar rumah. Walaupun jika terpaksa untuk keluar rumah saya tetap menggunakan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak minimal 1 meter, dan mencuci tangan. Dengan itu menurut saya sudah bertanggung jawab dalam menghindari wabah penyakit sesuai peraturan pemerintah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed