BNN Rebranding Tema Stop Narkoba Ke Tagar #hidup100persen

Badan Narkotika Nasional atau BNN, telah melakukan penggantian tema kampanye STOP NARKOBA dengan #hidup100persen Sadar, Sehat, Produktif dan Bahagia.

Penggantian tema kampanye dari yang terkesan tegas, lugas dan tanpa kompromi, menjadi lembut dan humanis serta membangkitkan kesadaran 100 persen akan kesehatan dan tentunya juga akan membangkitkan produktifitas yang tinggi menuju kehidupan yang bahagia, merupakan langkah berani dalam mengubah strategi BNN dalam memberantas peredaran dan pemakaian narkoba, mulai dari kalangan remaja, dewasa, maupun mereka yang telah memasuki usia senja.

Tagar baru ini diperkenalkan dalam acara bertajuk Forum Diskusi Trending Topic di Kalangan Media, yang berlangsung di Bina Karna Auditorium, Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (22/10/2020) yang lalu.

Timbulnya kesadaran bahwa tagar yang terkesan tegas, lugas dan tanpa kompromi itu tidak cukup mampu meredam peredaran narkoba di Indonesia, bahkan semakin marak, membuat para petinggi BNN berpikir keras dalam merancang dan mengadu taktik strategi untuk melakukan pencegahan penyalahgunaan narkoba di tengah masyarakat.

Selama puluhan tahun masyarakat dicekoki informasi berbahaya, akibat, serta berbagai larangan penggunaan narkoba. Namun kenyataannya penyalahgunaan narkoba masih saja marak terjadi.

Sudah kenyang dengan larangan, kaum milenial dan generasi Z butuh pilihan. Terbukti tidak mempan dilarang, masyarakat dengan segala alasan dan motivasi masih banyak menyalahgunakan narkoba. Mereka butuh contoh juga role model untuk hidup dengan segala alasan dan motivasi mereka, tanpa narkoba.

Persepsi masyarakat terhadap kampanye BNN dirasa kaku dan terlalu formal. Larangan dan himbauan anti-narkoba otoritatif dan tidak memberi solusi. Hidup sehat tanpa narkoba tidak dirasa aspiratif.

Kampanye yang berubah 360 derajat ini diharapkan membangkitkan persepsi baru dikalangan penegak hukum maupun masyarakat dengan tujuan strategis menghadirkan citra baru BNN yang lebih fleksibel dan menarik bagi khalayak sasaran. Nilai inti yang didapatkan memberikan alternatif gaya #hidup100persen (sadar, sehat, produktif) sebagai pilihan gaya hidup tanpa narkoba. Serta Entitas baru dengan menjadikan gaya #hidup100persen sebuah gerakan masal yang menjadi solusi aspiratif dari hidup sehat tanpa narkoba.

#hidup100persen di tengah pandemi

Sama seperti narkoba, virus corona juga dapat dihentikan penyebarannya dengan mulai membiasakan gaya hidup yang sehat, bersih, dan selalu sadar dan waspada akan keadaan sekitar. Dengan mempopulerkan gaya #hidup100persen, kita dapat ikut berkontribusi mencegah baik penyebaran virus corona maupun penyalahgunaan narkoba, khususnya di kalangan anak remaja yang masih mudah diubah persepsinya.

Tinggalkan Balasan