HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER 1945

Nama : Digma Pratama Wirawanto

Kelas : I B

Nim   : 20051

 

Di balik kejayaan sebuah negara, pasti ada sosok luar biasa yang bersedia menyerahkan jiwa raganya demi negara. Itu pula yang tercatat dalam sejarah Indonesia, berpuluh-puluh tahun lalu sejumlah putra-putri terbaik Indonesia yang telah berkorban jiwa raga demi memerdekaan Indonesia. Dan kini mereka disebut sebagai pahlawan.

Setiap pada tanggal 10 November, bangsa Indonesia selalu memperingati Hari Pahlawan. Di mana, pada tanggal tersebut ditetapkan untuk mengenang jasa-jasa pahlwan yang telah gugur dan berani maju di medan perang untuk merebut kemerdekaan.

Hari Pahlawan sendiri  merupakan hari di mana seluruh masyarakat Indonesia, baik itu pelajar, masyarakat umum dan khususnya pejabat-pejabat yang duduk di kursi jabatannya, harus mengingat bagaimana jasa-jasa pahlawan yang telah gugur dalam meraih kejayaan Indonesia dari penjajah dahulu.

Bung Karno mengatakan, Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya “Negara Yang Besar Adalah Yang tidak melupakan Jas Merah” Artinya tidak akan melupakan sejarah suatu bangsa tersebut. Para pahlawan rela mengorbankan hidupnya demi menjaga dan mempertahankan negara Indonesia

Saya juga masih liat banyak masyarakat khususnyadikalangan remaja yang tidak tahu apa itu  Hari Pahlawan. Bahkan sebagian besar melupakan peringatannya. Padahal memperinghati hari bersejarah ini sangatlah penting, dan banyak hal yang dapat kita lakukan untuk memperingatinya.

Mengenai tentang Hari pahlawan banyak sekali masyarakat Indonesia terutama dikalangan remaja yang mana Hari Pahlawan hanya di jadikan acara seremonial belaka dan dipajang di media social mereka tanpa mengetahui makna di dalamnya. Seharusnya remaja dituntut untuk menjaga keutuhan NKRI yang mulai menjadi sebuah ancaman jika kita sebagai warga negara Indonesia tidak saling menjaga.

Bermunculan  isu  hoax, ujaran kebencian, SARA terutama menjelang konstetasi pemilu ini isu-isu tersebut banyak berseliweran di sosial media sehingga jika terus dibiarkan seperti itu akan terciptanya perpecahan antar bangsa.

 

Bagaimana kita sebagai generasi muda memaknai hari pahlawan?

  1. Rela Berkorban
  2. Memiliki jiwa Kepemimpinan
  3. Tanggung Jawab
  4. Memiliki sikap Keberanian

Saya sebagai generasi muda juga di tuntut memliki jiwa patriot, pantang menyerah, berkarakter, menguasai ilmu pengetahuan serta nilai kepahlawanan lain yang diwariskan. Jika dapat mengimplementasikan dengan baik, akan terbentuk bangsa yang peka dan mau membantu sesama, tidak melakukan provokasi yang dapat menimbulkan konflik dalam bermasyarakat, tidak menyebarkan berita hoax, serta tidak bertindak anarkis demi terjaganya ketentraman dan ketertiban

Karena untuk menghadapi tantangan di era saat ini kita perlu belajar mengenai perjuangan yang telah dilakukan oleh para pendahulu kita sebagai referensi untuk menjaga warisan yang telah didapatkannya dengan susah payah.

Tinggalkan Balasan