oleh

AKU BANGGA KEWARGANEGARAAN INDONESIA

-Terbaru-Telah Dibaca : 260 Orang

AKU CINTA INDONESIA

Tanggung jawab adalah keadaan dimana wajib menanggung segala sesuatu, sehingga berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya. Kita hidup didunia ini mempunyai tanggung jawab yang harus kita kerjakan, entah itu tanggung jawab terhadap diri sendiri, tanggung jawab terhadap Tuhan YME, tanggung jawab terhadap masyarakat, tanggung jawab terhadap bangsa dan negara dan lainya.

Tanggung jawab saya ssebagai warga negara Indonesia adalah dengan hidup bermasyarakat Masyarakat terbentuk dari kumpulan individu yang memiliki latar belakang kehidupan yang berbeda-beda, namun dengan tujuan yang sama. Karena terdiri dari berbagai individu, tentu banyak perbedaan di dalamnya. Sebagai anggota masyarakat yang bertanggung jawab, tidak menjadikan perbedaan tersebut menjadi suatu perpecahan. Kita harus tetap memelihara serta menjaga persatuan dan kesatuan di masyarakat.

Sebagai masyarakat dan warga negara yang baik dan patuh akan Ketertiban dan keamanan di tengah masyarakat menjadi tanggung jawab setiap individu. Ketertiban dan keamanan di masyarakat daopat dilakukan dengan membuat aturan yang bisa dipahami dan dipatuhi ileh semua anggota masyarakat tersebut. Contohnya, membuat jadwal ronda malam yang dilakukan secara bergilir oleh anggota masyarakat. Jadwal dan aturan jam ronda malam harus menjadi tanggung jawab individu yang kebagian, sehingga harus dilaksanakan.

Masyarakat terbentuk dari kumpulan individu yang memiliki latar belakang kehidupan yang berbeda-beda, namun dengan tujuan yang sama. Karena terdiri dari berbagai individu, tentu banyak perbedaan di dalamnya. Sebagai anggota masyarakat yang bertanggung jawab, tidak menjadikan perbedaan tersebut menjadi suatu perpecahan. Kita harus tetap memelihara serta menjaga persatuan dan kesatuan di Negara Indonesia.

Menjauhi sikap diskriminasi sesama warga negara Sikap diskriminasi terhadap sebagian orang harus dihindari bahkan dihapus di tengah-tengah masyarakat. Hal ini karena setiap individu memiliki persamaan derajat sosial yang harus dijunjung tinggi. Antarindividu tidak boleh mengabaikan derajat satu sama lain. Saling menghormati adalah sikap untuk mencegah perpecahan antarwarga. Salah satu hal yang harus dilakukan adalah menghapus bentuk-bentuk tindakan diskriminasi dalam kehidupan di masyarakat. Diskriminasi adalah memperlakukan orang atau kelompok lain dengan berbeda berdasarkan karakteristiknya.

Mempertahankan keberagaman suku, adat istiadat budaya, bahasa dan agama wilayah Indonesia luas dari Sabang sampai Merauke . Disana tersebar suku bangsa, adat dan kebudayaan yang berbeda-beda, di ketauhi juga di negri tercinta kita ini terdapat lebih dari 746 jenis bahasa yang menjadi keunikan tersendiri bagi Negara ini. Masyarakat Indonesia juga memeluk berbagai macam Agama, dengan perbedaan keyakinan ini sepatutnya kita saling menghargai dan menjaga keharmonisan hubungan antar Agama.

Dan Indonesia terkenal dengan keramahan masyarakatnya sudah di kenal di dunia bahwa masyarakat Indonesia terkenal akan keramahan dan sangat menghargai orang lain. Jika bisa terus kita lestarikan budaya ramah ini Indonesia akan selalu di hargai dan di segani oleh negara lain.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed