Alasan Kenapa Saya Memilih Profesi Perawat

Perkenalkan nama saya Fanny Dwi Prastika, yang sekarang genap berusia 18 tahun, sejak kecil saya mempunyai cita-cita menjadi Dokter akan tetapi cita-cita saya sangat bersyukur bisa sekolah di bidang kesehatan dengan jurusan Ilmu Keperawatan yang tetap saja tenaga Medis walaupun bukan menjadi Dokter. Saya menjalankan dengan senang hati karena saya menyukai profesi.

Menurut saya Menjadi Perawat adalah pekerjaan mulia. Anda akan dihargai oleh siapa saja, jika mampu memberikan pelayanan terbaik bagi pasien. Kita sebagai perawat dapat melihat pasien kembali Sembuh dan senang dapat berkumpul kembali dengan keluarga merupakan kebanggaan tersendiri sebagai perawat.

Dalam keperawatan kita tidak hanya belajar suntik menyuntik atau pun mengobati demam. Tetapi bisa dapat ilmu pengetahuan tentang macam-macam obat dan jenisnya, dapat membantu bidan dalam proses melahirkan, dapat berkolaborasi tentang kebutuhan nutrisi pasien dengan ahli Gizi dan dapat berkolaborasi dengan para dokter dalam mengambil beberapa proses tindakan.

Perawat juga memiliki prinsip etika keperawatan yang fungsinya agar pasien merasa nyaman dan tidak merasa dilakukan semena-mena, salah satunya adalah sebagai berikut :

  1. Autonomy ( kemandirian )
  2. Beneficence ( Berbuat baik )
  3. Justice ( Keadilan )
  4. Non- Maleficence ( Tidak merugikan )
  5. Varacity ( kejujuran )
  6. Fidelity ( Menepati janji )
  7. Confidentiality ( kerahasiaan )
  8. Accountability ( Akuntabilitas )

Dari Prinsip etika keparawatan tersebut menjadi patokan agar agar perawat lebih dan memiliki aturan dalam merawat pasien dan membuat pasien merasa lebih dihargai. Perawat lebih dihargai dan di hormati apabila kita melayani pasien dengan baik dan benar sesuai SOP ( Standart Operasional Procedure) yang ada.

Salah satu keinginan saya menjadi perawat agar say dapat merawat kelurga yang saya cintai, membantu sesama, tentangga kerabat dekat dan lainnya. agar ilmu yang saya dapat lebih bermanfaat dan menjadi bekal pahala saya. intinya apabila kita menjalankan susutu dengan iklas dan tulus pasti akan mendapatkan balasan yang baik juga.

Sebagai orang perawat kita tidak hanya memakai 5S ( Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun ) hanya ketika saat kita dinas tetapi dimana pun kapan pun agar orang sekitar kita dapat mearasa lebih dihargai dan menciptakan suasana yang baik pada lingkungan. Saya sangat bangga dengan profesi yang saya jalani sebagai perawat .

TERIMAKASIH.

 

Tinggalkan Balasan