oleh

KENAPA SAYA MEMILIH INGIN MENJADI PERAWAT

-Terbaru-Telah Dibaca : 873 Orang

Assallamualikum wr,wb perkenalkan nama saya Farah Zoraida. Disini saya ingin share alasan saya kenapa saya memilih untuk menjadi seorang perawat, oiya sebelumnya saya ingin memberi tahu kalo saya dari SMA dengan jurusan IPS. Tapi keinginan ku untuk menjadi seorang perawat itu tidak hilang Karena saya berasal dari jurusan IPS.

Kenapa saya memilih ingin menjadi seorang perawat karena keinginan saya sejak dari SD dan orang tua saya juga ingin saya menjadi seorang perawat alias orang tua ku mendukung saya menjadi perawat. Eitss ga itu aja alasan saya buat menjadi seorang perawat. Alasan selanjutnya Banyak memiilki lapangan pekerjaan. Meskipun saat ini banyak sekali Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan dan tiap tahunnya banyak lulusan perawat baru, namun peluang kerja sebagai perawat masih cukup tinggi. Ada banyak bidang membutuhkan tenaga keperawatan, seperti rumah sakit, perawat di puskesmas, poliklinik pelabuhan, bandara. Bahkan di bidang tambang juga membutuhkan tenaga keperawatan untuk keselamatan para pekerjanya

saya tau menjadi perawat bukanlah hanya sekedar merawat tetapi juga mengajari kita untuk peduli, rama,tulus, ikhlas dan selalu tersenyum kepada setiap pasien pengunjung maupun sesama teman yang berngelut di dunia kesehatan. menurut saya perawat itu adalah pekerjaan yang mulia, karena perawatlah yang selalu on time untuk merawat pasien yang setiap hari dirumah sakit.

Banyak anggapan bahwa lebih baik jadi dokter daripada perawat.Anggapan ini adalah salah karena dokter dan perawat sangatlah berbeda.Di keperawatan belajar mengenai pemenuhan kebutuhan dasar manusia,termasuk bio psiko sosio spiritual dan kultural. Dan tidak hanya mengenaikesehatan, tetapi juga belajar ilmu sosial bagaimana cara berkomunikasiyang baik dan efektif, memberikan pelayanan kesehatan yang menunjanguntuk kesembuhan, dan sebagainya. Meskipun begitu, beberapa materikuliah yang dipelajari antara pendidikan Dokter dan ilmu keperawatan adayang sama juga &ntuk prospek kerja sebagai seorang perawat masih sangat luasdimana bila kita lihat perawat tidak hanya semata % mata merawat orang yang telah sakit tetapi juga melakukan perawatan pencegahan.

Menjadi Perawat Mendorongku untuk Lebih Empati Pada Orang LainnMenjadi seorang perawat artinya wajib mampu berempati. Melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain dan berusaha membayangkan bagaimana rasanya jika berada di posisi orang lain. Dengan begitu, kita mampu memberikan perawatan sesuai dengan kebutuhan orang lain.

Sebagai contohnya, sangat mudah bagi kita menganggap pasien dan keluarganya bawel dan sangat menyebalkan saat mereka terus-menerus memanggil perawat dan menanyakan banyak hal. Tapi jika kita menghadapi dengan hati yang penuh empati, kita tidak akan merasa kesal terhadap mereka, karena kita berusaha menempatkan diri kita di posisi mereka. Seringnya mereka memanggil perawat dan mengajukan banyak pertanyaan mungkin adalah bentuk dari kecemasan mereka akibat perawatan dengan banyak hal asing yang baru pertama kali mereka hadapi.

 

Menjadi Perawat Mendorongku Lebih Kuat Secara Fisik dan Mental Bekerja sebagai perawat bukanlah hal yang mudah. Banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan dengan waktu yang sangat terbatas. Banyaknya pasien dengan berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi. Berhubungan langsung dengan nyawa manusia. Harus berjalan sepanjang shift kesana-kemari, bahkan seringnya lupa makan dan tidak punya waktu merawat diri sendiri. Bekerja secara shift, yang membuat kita harus memaksakan diri bekerja saat banyak orang sedang istirahat di kasur nyaman mereka. Harus bekerja sama dengan banyak orang dengan berbagai karakternya yang tidak selalu membuat kita nyaman secara emosional.

Komentar

Tinggalkan Balasan