Mengakui Persamaan Derajad, Persamaan Hak Dan Kewajiban Asasi Setiap Manusia, Tanpa Membeda-bedakan suku Keturunan, Agama, Kepercayaan, Jenis Kelamin, Kedudukan Sosial, Warna Kulit Dan Sebagainya.

Menurut saya mengakui persamaan derajad, hak dankewajiban antar sesama manusia adalah memberikanpengakuan bahwa semua manusia mempunyaikedudukan yang sama atau setara di dalam masyarakat. Ini termasuk dalam sila ke-dua ‘‘Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab” yang dilambangkan dengan‘RANTAI EMAS” Pancasila merupakan Dasar Negara Indonesia. Pancasila memiliki lima sila yang dapatmenjadi pedoman kehidupan manusia. Salah satunyaadalah sila kedua yang berbunyiKemanusiaan yang Adil dan Beradab”. Menurut pandangan saya, silakedua ini wajib dilaksanakan oleh semua warga negaraIndonesia. Hal ini dikarenakan agar Indonesia dapatmenegakkan keadilan dan dapat menghargai hak yang dimiliki oleh setiap manusia. Manusia harus berbuatadil terhadap diri sendiri dan orang lain, seperti kitaharus menghargai setiap orang yang memiliki latarbelakang yang berbeda yaitu suku, budaya, agama, ataustatus lainnya. Di Indonesia menerapkan sistem tidakada perbedaan perlakuan terhadap semua masyarakatIndonesia.

Kemanusiaan berasal dari kata “manusia”, yaitumakhluk ciptaan Tuhan yang sangat mulia darimakhluk hidup lainnya. Manusia mempunyai potensiberpikir, rasa, karsa, dan cipta. Manusia menempatikedudukan & martabat yang tinggi. Kata “Adilmengandung makna bahwa suatu keputusan atautindakan didasarkan atas norma-norma yang objektifdan subjektif, sehingga tidak melakukan perbuatansesuka hati. Oleh karena itu, Kemanusiaan yang Adildan Beradab memiliki definisi bahwa adanyakesadaran sikap dan perbuatan manusia yang didasarkan kepada potensi budi nurani manusia dalamhubungannya dengan norma-norma dan kebudayaanumumnya. Potensi kemanusiaan dimiliki oleh semuamanusia di dunia, tanpa memandang ras, keturunan danwarna kulit, serta bersifat universal. Pancasila silakedua merupakan pandangan hidup bagi bangsaIndonesia sehingga bisa dijadikan pedoman hidupbangsa Indonesia untuk mencapai kesejahteraan lahirmaupun batin dalam bermasyarakat di dalamkeberagaman.

Seringkali masih banyak manusia tidak menerapkansila kedua ini, yang berarti manusia bertentangan dantidak melakukan sesuai makna yang terkandungdidalmnya. Jika manusia tidak melaksanakan silakedua, maka akan berakibat semua masyarakatmelakukan perbuatan yang sewenang-wenang. Melanggar Hak Asasi Manusia (HAM) merupakansalah satu perilaku yang menyimpang ataubertentangan karena seharusnya setiap manusia harusberlaku adil dan menghargai hak masing-masing darisetiap manusia. Menghina orang miskin jugamerupakan hal yang bertentangan karena kita tidakboleh merendahkan martabat orang lain walaupunmanusia berada pada kedudukan yang paling rendah. Selain itu, sikap yang bertentangan adalah tidak maumembela hal yang benar. Ada juga sikap yang melakukan penindasan tehadap orang lain, sepertimelakukan pelecehan seksual dan melakukanpembunuhan.

Implikasi adalah akibat langsung atau konsekuensi darihasil penemuan suatu penelitian ilmiah. Implikasi dariKemanusiaan yang Adil dan Beradab adalahmenghendaki warga negara untuk menghormatikedudukan setiap manusia dengan kelebihan dankekurangan masing-masing. Selain itu, setiap manusiaberhak mempunyai kehidupan yang layak danbertindak jujur serta menggunakan norma sopan santundalam pergaulan sesama manusia. Hal ini dilakukanagar Indonesia berada dalam kondisi yang tentram dannyaman.

Hal terakhir adalah akan membahas tentang contohpenerapan atau implementasi dari sila kedua dalamkehidupan sehari-hari. Pertama, mengakui persamaanderajat, persamaan hak, dan persamaan kewajibanantara sesama manusia. Hal ini karena setiap manusiamemiliki martabat masing-masing sehingga kita tidakboleh melakukan pelecehan terhadap manusia lain. Kedua, mengembangkan sikap tenggang rasa. Contohnya adalah selalu memberikan kritik yang membangun dengan cara yang santun dan berfokuspada permasalahan.. Ketiga, saling mencintai sesamamanusia. Oleh karena itu, terhadap sesama manusiayang berbeda baik agama, suku, pendidikan, ekonomi, politik, sebaran geografi seperti kota dan desa, danlain-lain, sebagai manusia Indonesia, kita harus tetapmemiliki keinginan untuk mencintai sesama manusiayaitu rasa memiliki dan kemauan berkorban untuksesama manusia sehingga tercipta hidup rukun damaidan sejahtera. Keempat, tidak boleh semena-menaterhadap orang lain. Hal ini agar perilaku setiapmanusia terhadap orang lain tidak boleh sesuka hati, harus menjunjung hak dan kewajiban.

Berdasarkan apa yang sudah diuraikan diatas, makasaya dapat mengambil kesimpulan. Kita wajibmelaksanakan nilai-nilai yang ada di sila kedua, alasannya karena manusia merupakan makhluk sosialyang harus saling menyayangi dan menghargai satusama lain. Hal ini akan membuat kehidupan Indonesia menjadi lebih tentram, nyaman, dan sejahtera.

Tinggalkan Balasan