Piala AFF 2022 : Inilah 4 Tim Kandidat Juara

Piala AFF 2022 adalah turnamen sepak bola paling bergengsi di ASEAN yang  sudah memasuki babak semi final.

Sudah terpilih 4 tim yang berhak tampil dalam fase 4 besar ini yaitu Thailand dan Indonesia dari grup A, masing-masing sebagai juara dan runner up grup.

Pada matchday terakhir grup A, Thailand berhasil mengunci kemenangan telak 3-1 atas Kamboja. Begitu pula Timnas Indonesia berhasil memenangkan laga pamungkasnya dengan kemenangan 2-1 atas Filipina.

Namun Timnas Garuda belum berhasil menggeser Thailand dari posisi pertama grup A karena kalah dalam selisih gol walaupun sama-sama memiliki 10 poin.

Tim Gajah Perang ini sangat produktif dengan memiliki selisih 11 gol sementara Timnas Garuda memiliki selisih 9 gol.

Sementara dari grup B, Vietnam keluar sebagai juara dan Malaysia adalah runner up grup. Vietnam tanpa ampun menghajar Myanmar dengan skor 3-0. Kokoh tidak terkalahkan di grup B dan tanpa kebobolan satu golpun.

Malaysia dalam laga hidup mati di Stadion Bukit Jalil Kuala Lumpur berhasil menundukkan rival buyut Sigapura dengan skor telak 4-1.

Jadwal semi final leg pertama sudah rilis yaitu pada Jumat 6 Januari 2023 mengawali laga perdana fase ini antara Indonesia menghadapi Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Kemudia esok harinya, Sabtu 7 Januari 2023, Malaysia akan menjamu Thailand di Stadion Bukit Jalil Kuala Lumpur.

Menghadapi laga leg pertama semi final ini, coach Shin Tae yong sudah mempersiapkan skuad asuhannya dengan persiapan maksimal.

Lawan Vietnam adalah laga yang tidak mudah. Tim asuhan Park Hang-seo, pelatih asal Korsel ini telah menjadikan skuad Vietnam menjadi tim tangguh dengan ranking FIFA tertinggi di ASEAN.

Pertemuan Indonesia dan Vietnam menjadi sangat menarik karena kembali mempertemukan dua pelatih sesama Korea Selatan.

Sejauh ini Shin Tae yong masih belum berhasil menundukkan pasukan asuhan rekannya, Par Hang-seo. Bisa jadi laga ini ingin dijadikan sebagai laga kemenangan pertamanya.

Bagaimanapun ajang Piala AFF ini adalah ajang paling bergengsi untuk sepak bola di kawasan ASEAN ini. Selamat bertanding Timnas Garuda. Selamat berjuang Garuda. Bravo Merah Putih.

Salam bola @hensa.

Tinggalkan Balasan