Shin Tae yong Gagal di Piala AFF 2022

Shin Tae yong bersama Timnas Garuda akhirnya harus mangakui keunggulan Vietnam dalam laga semi final leg kedua di Stadion My Dinh Hanoi, Senin (9/1/23).

Kekalahan 0-2 Timnas Indonesia dari tuan rumah Vietnam memupuskan harapan rakyat Indonesia sekaligus pupusnya target juara Piala AFF 2022.

Melihat laga malam itu tampak jelas bahwa Timnas kita kalah kelas dari semua aspek. Terutama dalam organisasi tim, Vietnam jauh di atas kita.

Begitu pula kemampuan individu dan faktot fisik. Skill para pemain Vietnam sangat baik memainkan bola dalam kerja sama mereka.

Mereka memiliki fifik yang kekar walaupun tinggi tubuh tidak jauh berbeda dengan para pemain kita. Sehingga dalam duel satu lawan satu, mereka lebih unggul.

Kemampuan teknik melindungi bola dari kaki lawan, juga mereka lebih baik. Jarang sekali bola dari kaki mereka dengan mudah hilang begitu saja.

Penerapan ball possession para pemain Vietnam tertata dengan rapi. Mereka selalu membuka ruang sehingga banyak pilihan ke mana bola mengalir.

Visi bermain parapemain Vietnam sangat cerdas. Mereka seakan sangat memahami ke mana harus mengirinkan bola.

Malam itu gol pertama lahir dari umpan jauh yang berhasil menjangkau sosok striker Vietnam, Nguyen Tien Linh lalu menafaatkannya menjadi gol.

Begitu pula dengan golkedua Vietnam dari umpan sepak pojok. Tien Linh lag-lagi mampu menebak arah bola sehingga dengan mudah menyundulnya ke pojok kanan gawang Nadeo.

Tanpa kecerdasan visi bermain,tidak mungkin skuad Vietnam mampu memenangkan laga ini.

Satu hal lagi yang mereka miliki adalah mentalitas tim juara. Vietnam memiliki segala persyaratan untuk meraih juara.

Di antara 4 semi finalis ini, selain Vietnam juga Thailand memiliki mentalitas tim juara. Thailand walaupun dalam laga leg pertama semi final kalah 0-1 dari Malaysia, tapi prediksi saya akan menang agregat gol pada leg kedua.

Mereka, Thailand dan Vietnam adalah dua tim yang sangat layak bertemu di partai final untuk memperebutkan Piala AFF 2022.

Tentu saja Thailand sebagai juara bertahan ingin keluar sebagai pemenang. Sementara Vietnam adalah penantang serius dalam final nanti.

Selamat untuk Vietnam. Selamat untuk Park Hang-seo kembali mampu mengungguli rekan sesama Korselnya, Shin Tae yong. Bravo Merah Putih jangan menyerah untuk kembali berbenah.

Salam bola @hensa.

Tinggalkan Balasan