Shin Tae yong Menunggu Trofi Pertamanya di AFF U23 2023

Berita, Olahraga0 Dilihat

Shin Tae yong masihkah butuh Trofi AFF U23? Ini adalah pertanyaan yang menjadi polemik di kalangan penggemar Timnas Garuda dalam hal ini Timnas Indonesia U23. 

Perdebatan tentang piala sebuah turnamen tersebut juga terjadi antara pengamat sepak bola, Akmal Mahali sosok pentolan dari Save Our Soccer (SOS) yang juga menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO) Tangerang Wolves.

Akmal menuntut agar Shin Tae yong mempersembahkan sebuah trofi untuk persepakbolaan Indonesia.

Bukan hanya sekedar berhasil meloloskan Timnas ke sebuah turnamen putaran final. Menurutnya trofi juara adalah bukti dari sebuah prestasi.

Berbeda dengan Akmal, pengamat lainnya, Justinus Lhaksana yang akrab dipanggil Coach Justin, mantan pelatih Futsal Nasional berpendapat bahwa Shin Tae yong tidak perlu membidik target Piala dari kawasan regional seperti ASEAN atau AFF.

Tentang ajang Piala AFF U23, Shin Tae yong lebih baik fokus pada Kualifikasi Piala Asia U23 yang levelnya lebih tinggi dari ajang AFF U23.

Kualifikasi tersebut akan berlangsung di Stadion Manahan Solo mulai 6-12 September 2023.

Timnas Indonesia U23 berada di grup K, akan bersaing dengan Turkmenistan dan Chinese Taipei.

Apalagi Piala AFF U23 ini hanya sebuah ajang kelompok umur di kawasan ASEAN, tidak perlu juarapun tidak masalah karena tim ini akan terus berkembang.

Begitu pula silang pendapat ini juga terjadi di lini masa media sosial antara Fans Timnas Garuda.

Mereka berbeda pendapat, ada yang mengatakan Shin Tae yong harus membuktikan prestasi dengan meraih trofi.

Namun sebagian fans lainnya menganggap shin Tae yong sudah cukup membawa Timnas Garuda ke putaran final Piala Asia 2024 di Qatar. Timnas senior sudah lolos mengikuti putaran final Piala Asia 2024.

Sedangkan yang akan dilakukan adalah membawa Timnas Garuda U23 lolos ke putaran final Piala Asia U23 2024 ynag kualifikasinya berlangsung awal September di Solo.

Erick Thohir sendiri sebagai Ketum PSSI justru membebani target kepada Shin Tae yong bisa lolos dari Kualifikasi Piala Asia U23 di Surakarta awal September 2023.

Laga kualifikasi ini berlangsung 6-9 September 2023 di Stadion Manahan Surakarta. Indonesia baru turun pada 9 September 2023 melawan Chinese Taipei. Kemudian menghadapi Turkmenistan pada 12 September 2023.

Target utama Timnas Indonesia U23 ini adalah lolos ke putaran final Piala Asia U23 tahun 2024.

Itu artinya Indonesia harus menang atas Turkmenistan dan Chinese Taipei untuk merebut juara grup.

Sementara itu Turnamen Piala AFF U23 di Rayong Thailand ini hanya sasaran antara sebagai sarana uji coba dan seleksi pemain.

Ajang tersebut bisa digunakan sebagai laga ujian dari skuad yang sedang disiapkan Coach Shin.

Bahkan pelatih asal Korea Selatan ini menganggap ajan AFF U23 sebagai Friendly Games saja.

Apalagi skuad yang hadir di ajang tersebut tidak lengkap karena kendala adanya kompetisi Liga1 yang tengah bergulir.

Selama turnamen berlangsung Tae yong bisa menjadikan setiap laga sebagai ajang penambahan jam terbang pemain-pemain baru yang belum pernah bermain di level international.

Semoga coach Shin berhasil meraih trofi pertamanya bersama skuad Garuda Muda. Bravo Merah Putih.

Salam bola @hensa17.

Tinggalkan Balasan