Garuda Muda Masih Punya Harapan, walaupun Kalah dari Taiwan

Garuda Muda masih punya peluang lolos ke 16 besar meskipun kalah 0-1 dari Taiwan di match day kedua grup F, Asian Games Hangzhou 2023.

Thailand, Vietnam dan Myanmar harus mengakui keunggulan lawan-lawan mereka di matchday kedua fase grup Asian Games Hangzhou 2023

Grup A skuat China mempertahankan posisi teratas klasemen dengan 6 poin ketika mereka menang 4-0 atas Myanmar pada match day kedua.

Sebelumnya China menang 5-1 atas India di laga perdananya. Dengan hasil ini sudah dipastikan tuan rumah China lolos ke babak 16 besar.

Semetara itu Myanmar dan India sama-sama memilki 3 poin, tapi India memiliki selisih gol lebih baik.

Karena itu India menempati peringkat kedua. Kedua tim ini akan saling berhadapan hidup mati pada laga terakhir fase grup.

Vietnam yang berada di grup B harus kalah telak dari Iran dengan skor 0-4. Kekalahan ini membawa Vietnam berada di peringkat ketiga dengan 3 poin.

Sementara peringkat pertama diduduki Iran dengan 4 poin dan peringkat kedua Arab Saudi juga dengan 4 poin, hanya mereka kalah selisih gol dari Iran.

Vietnam dalam laga terakhir grup B harus menghadapi Arab Saudi. Hanya kemenangan yang bisa membuat Vietnam lolos ke 16 besar. Hasil imbang apalagi kalah, mereka terisisih.

Thailand yang berada di grup E juga harus mengalami kehancuran kalah telak 0-4 dari Korea Selatan. Dengan kekalahan ini Thailand ada di posisi ketiga dengan hanya memiliki 1 poin hasil imbang dengan Bahrain.

Sementara itu Korea Selatan berhak lolos ke 16 besar dengan 6 poin dari dua kemenangan.

Pada peringkat kedua Bahrain dengan 2 poin hasil dari dua kali imbang dengan Thailand dan Kuwait.

Pada laga terakhir Thailand harus menang atas Kuwait untuk menggeser Bahrain di posisi kedua.

Itu juga syaratnya Bahrain kalah atau imbang dengan Korea Selatan.

Bagaimana dengan Indonesia yang dalam laga keduanya kalah 0-1 dari Chinese Taipei? 

Timnas Garuda Muda masih aman pada posisi kedua setelah dalam laga lain di grup F, Korea Utara menang 1-0 atas Kirgistan.

Dengan hasil ini Korea Utara memastikan diri lolos ke babak 16 besar dengan koleksi 6 poin yang tidak mungkin terkejar oleh para pesaing di grup F.

Sementara Timnas Indonesia U24 ada pada posisi kedua dengan 3 poin dan surplus 1 gol.

Chinese Taipei yang menang 1-0 atas Garuda Muda juga memiliki 3 poin tapi mereka minus 1 gol sehingga berada di posisi ketiga.

Kirgistan harus berada di posisi juru kunci tanpa poin dengan kebobolan 3 gol.

Namun Kirgistan masih memiliki peluang peringkat ketiga dengan mengalahkan Chinese Taipei pada laga terakhir grup F dengan minimal 3 gol.

Timnas asuhan Indra Sjafri harus mempertahankan posisi runner up mereka. Caranya hanya satu yaitu meraih kemenangan atas Korea Utara atau minimal bermain imbang pada laga terakhir grup F, Minggu (24/9/23). 

Bagi Korea Utara kalah sekalipun tidak mempengaruhi posisinya sebagai juara grup F.

Sementara itu Chinese Taipei dan Kirgistan harus bertarung hidup mati meraih 3 poin.

Chinese Taipei cukup bermain imbang untuk meraih posisi ketiga.

Bahkan jika saat itu Indonesia kalah dari Korea Utara, Chinese Taipei berhak sebagai runner up.

Sampai dengan match day kedua ini tim negara peserta yang sudah memastikan lolos ke babak 16 besar.

Mereka adalah China (juara grup A), Korea Utara (Juara grup F), Korea Selatan (Juara grup E), Jepang (Grup D), Uzbekistan (Grup C) dan Hongkong (Grup C).

Hanya juara dan runner up grup A sampai dengan F serta 4 tim negara dengan peringkat ketiga terbaik yang berhak lolos ke babak 16 besar.

Kita berharap Coach Indra Sjafri menemukan komposisi terbaiknya dalam menghadapi laga terakhir melawan Korea Utara yang wajib mendapatkan poin. Bravo Merah Putih.

Salam Bola @hensa17.

Tinggalkan Balasan