Perang Taklukan Mengarang

KMAA 18

Yuk! Kita Menjelajahinya

Mengarang merupakan salah satu bagian dari aspek menulis. Berdasarkan materi pembelajaran bahasa Inggris yang saya terima sejak masih kuliah bahwa keterampilan yang harus dikuasai dalam pembelajaran ada 4 aspek diantaranya : 

  • Aspek mendengarkan
  • Aspek berbicara
  • Aspek membaca
  • Aspek menulis

Poin satu yaitu mendengarkan. Aspek mendengarkan merupakan keterampilan penguasaan kecakapan pendengaran dengan menggunakan bahasa mulai dari memahami maksud, respon yang diberikan, variasi kosa kata, penguasaan jumlah kosa kata, akurat dalam mendengarkan dan pengucapan yang bisa dimengerti.

Pada poin dua berbicara. Aspek berbicara merupakan suatu ujaran yang dilakukan supaya terjadi komunikasi dengan munculnya beberapa ide dan gagasan konteks dari apa yang mereka katakan. Keterampilan berbicara adalah salah satu keterampilan yang menantang bagi saya. Melalui keterampilan berbicara bisa mengekspresikan apa yang akan kita katakan. 

Terutama ketika mengenal bahasa asing misalnya bahasa Inggris melatih diri untuk cakap bahasa Inggris sangat menyenangkan. Selain itu kita bisa mencoba untuk berkomunikasi dengan orang-orang dari berbagai macam negara. Ada beberapa kesan tersendiri yang disampaikan oleh orang-orang dari luar negeri. Mereka mengatakan bahwa “Indonesian nation are good in English”, ini berarti bahwa bangsa Indonesia bagus dalam berbahasa Inggris.
 
Menurut mereka orang Indonesia berbicara dalam bahas Inggris sangat sopan. Sebagian besar dari orang Indonesia berbicara tidak pernah lepas dengan struktur kalimatnya (menggunakan tenses). Pada aspek berbicara kita harus bisa menekankan pada kelancaran berbicara, ketepatan, pengucapan dan intonasi. Ketika semuanya sudah bisa kita kuasai maka gaya berbicara kita akan bagus dan mudah untuk dipahami oleh orang.
 
Poin yang ketiga membaca. Membaca merupakan kecakapan untuk mecari informasi dari berbagai macam sumber. Ada beberapa keuntungan dalam membaca diantaranya :
  1. Mengurangi stress
  2. Menambah kosa kata
  3. Meningkatkan kemampuan menulis
  4. Meningkatkan kemampuan berpikir analitis
  5. Mencegah demensia
Poin yang keemapat menulis. Menulis merupakan suatu kegiatan dengan mencurahkan beberapa ide atau gagasan untuk menciptakan sebuah teks yang bermakna. Menulis bagi sebagian besar orang merupakan sesuatu hal yang tidak menyenangkan. Beberapa dari mereka beranggapan bahwa menulis hanya bisa dilakukan oleh orang yang memiliki bakat.
 
Namun waktu pun semakin berjalan cepat. Kebutuhan seseorang akan sesuatu pun meningkat. Di masa sekarang beberapa orang sudah mulai menganggap bahwa kegiatan menulis merupakan sesuatu yang dibutuhkan sekarang. Salah satu contohnya adalah untuk kenaikan pangkat pada guru ini merupakan poin penting dan memiliki nilai tinggi.
 
Salah satu bagian dari menulis adalah mengarang. Sebagai induknya adalah menulis dan anaknya adalah mengarang. Mengarang merupakan suatu kegiatan di mana didalamnya kita bisa menuangkan beberapa ide atau gagasan, Pada awalnya mengarang sesuatu yang tidak saya suka. Ini dikarenakan mengarang harus menguras pikiran untuk mengeluarkan ide-ide kita. 
 
Terkadang muncul dalam pikiran saya bahwa menulis adalah hal yang membuang waktu. Akan tetapi adanya tuntutan suatu tugas. Saya harus berputar 360 derajat untuk membuat satu karangan. Bagaimanapun caranya mulai dari sekarang saya harus berperang dengan hati untuk menaklukan satu karangan.
 
Suatu hal yang bikin mengarang membuat bosan adalah terkadang ide-ide tidak muncul ketika dibutuhkan bahkan merasa tidak percaya diri dengan tulisan sendiri. Akan tetapi tugas yang menuntut maka tetap harus dilaksanakan. 
 
Alhamdulillah sampai sekarang sudah ada 2 buku yang terbit meskipun hasil dari tulisan atau karangan saya kurang berbobot. Berawal dari sinilah akhirnya saya sampai sekarang selalu mencoba meluangkan waktu untuk menuli meskipun hanya satu atau dua paragrap.
 
 
 
Sumber :
https://caritahu.kontan.co.id/news/catat-inilah-5-manfaat-membaca-yang-bisa-anda-dapatkan

Tinggalkan Balasan

3 komentar