Menjadi Guru di Rumah

Pendidikan, Sosbud0 Dilihat

 

How to Teach

 

Satuan Pendidikan yang baik telah beroperasi lebih dari 3 tahun. Tersedia tenaga kerja/ SDM yang baik dan sarana prasarana yang memadai. Di era pandemi yang sebenarnya menggunakan media daring yang sudah dipersiapkan sejak lama di Negeri barat untuk menyambut era Industri 4.0, maka sebagai fasilitator guru harus mengkomunikasikan bagaimana cara bepajar siswa di rumah, bagaimana orangtuanya menjadi guru di rumah.

Pembelajaran berbasis pendekatan saintifik sudah sangat baik disandingkan dengan kurikulum darurat covid yang dipermudah. Seperti kata para ahli ”Metode yang paling baik adalah metode yang paling sederhana,” artinya mudah difahami siswa. Pengembangan karakter di era pandemi lebih pada literasi. Perbanyak buku sumber, membaca dan menulis menjadi pembiasaan.

Ketahanan mental anak

Ketahanan mental anak dapat dibentuk dari sekolah pertama anak yaitu rumah. Dibangun dari keluarga yang ulet dan gigih serta penuh konsekuensi. Keterlibatan orang tua dalam proses tumbuh kembang anak bisa dilakukan dengan meluangkan waktu bermain monopoly bersama, berguna untuk mengurangi ketergantungan anak pada pengaruh negatif gadgetnya.

Orang tua sebagai teman

Sebesar apapun pentingnya pengaruh lingkungan tetapi orang tua adalah guru pertama di rumah seorang anak. Saat mendukung faktor eksternal agar anak berprestasi di sekolah di sekolahnya maka orang tua yang hebat adalah orang tua yang selalu terlibat dalam proses tumbuh kembang anaknya. Peran orang tua yang tak kalah penting adalah sebagai teman, sahabat yang bisa diajak bicara dan menghibur anak saat kesepian.

Berkomunikasi aktif dengan sekolah

PANDEMI sudah mengubah pola pengajaran kita. Di zaman yang serba digital sebenarnya orang tua dan siswa sudah menggunakan media yang biasa. Tidak perlu yang rumit, atau memaksakan aplikasi yang tidak dikuasai, dengan diskusi melalui WhatsApp group dan berkomunikasi dengan baik melalu sistem daring dan luring bahkan sesekali tatap muka terbatas, sudah mengkondisikan belajar anak dengan baik.

Peran pengawasan dan petunjuk jalan saat mengawasi penggunaan gadget, menghalau pergaulan yang salah, mengarahkan pergaulan yang benar, agar dapat meraih tujuan dan cita-cita, maka tepat bila dikatakan bahwa orang tua adalah guru terbaik.

Tinggalkan Balasan

1 komentar