MENGAPA KITA HARUS YAKIN BAHWA INDONESIA SEBAGAI BAGIAN SELURUH UMAT MANUSIA?

Terbaru0 Dilihat

 

Kenapa Bangsa Indonesia merasa bahwa sebagai bagian dari seluruh umat manusia? Karena, Indonesia merupakan Negara yang sudah diakui oleh seluruh Dunia dan telah diperjuangkan mati – matian kemerdekaannya  oleh para pahlawan kita dahulu. Sebagai masyarakat Indonesia kita harus mempunyai sifat untuk menjaga keutuhan dan kesatuan Negara ini. Jika tidak, maka Negara ini akan hancur lebur dan akan sia – sia semua perjuangan pahlawan kita yang telah berkorban dalam menggapai kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu, Kita harus menghargai perjuangan para pahlawan kita dulu, karena Mereka Negara Indonesia masih berdiri hingga saat ini.

Indonesia merupakan kekayaan yang telah diberikan oleh Allah SWT untuk umat manusia. Di Indonesia kita banyak mendapati Sumber Daya Alam yang melimpah. Dari mulai Flora dan Fauna, Hasil Tambang, dll. Kita seharusnya sebagai Masyarakat Indonesia harus bangga akan hal ini, dengan semua hasil ini, kebutuhan Manusia dapat terpenuhi dan tercukupi. Tapi, tanpa disadari sekarang Manusia mulai merusaknya seperti, penebangan liar dimana – mana, Membunuh Binatang yang dilindungi, mengambil hak Alam diluar sana, dll. Hal ini, dapat menyebabkan Indonesia menjadi hancur dikarenakan oleh ulah manusia itu sendiri.

Masih banyak Oknum Masyarakat Indonesia yang egois dan mementingkan kepentingan dirinya sendiri hanya untuk kepuasan mereka. Mereka tidak sadar bahwa dengan Mereka merusak Alam Indonesia tanpa adanya pelestarian kembali hanya akan mengakibatkan Negara Indonesia hancur lebur dan ini yang akan membuat Masyarakat Indonesia tidak berperilaku adil akan terhadap sesama Makhluk Hidup. Jika, semua Sumber Daya Alam diambil dan dikuras sampai habis, bagaimana akan nasib Negara ini?

 

Kenapa kita sebagai Manusia yang tinggal di Indonesia harus berperilaku adil? Agar, semua Masyarakat dan Makhluk Hidup lainnya merasakan akan semua hasil kekayaan dan keindahan yang telah diberikan di Negara ini oleh Allah SWT. Tanpa adanya kerugian satu sama lain dan perpecahan diantara kita. Kita seharusnya menyadari dan bersyukur akan hal ini. Kita memang sebagai Manusia selalu merasa kurang dan tidak cukup, tapi apakah salah jika kita menjadi Manusia yang bersyukur atas nikmat yang terlah Allah SWT berikan?

Menjadi Manusia yang bersyukur itu tidak ada ruginya, dan akan menimbulkan kebahagian dan ketentraman antar sesama. Memang, tidak gampang untuk selalu bersyukur. Karena, kadang – kadang kita merasa ada yang kurang jika kita melihat orang lain bisa lebih dari kita. Untuk itu, kita tumbuhkan rasa rendah hati dan bersyukur akan suatu yang sudah kita punya tanpa iri dengan orang lain. Kita seharusnya sadar dan belajar untuk melihat yang masih kurang berkecukupan di bawah kita, tapi tidak pernah mengeluh dan bersyukur atas kenikmatan yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Oleh karena itu, Kita sebagai makhluk sosial yang tinggal di Negara Indonesia, harus menjaga ketentraman, kerukunan, perdamaian antar sesama agar tidak terjadinya iri hati dan keegoisan didalam diri. Dan menjaga, melestarikan Sumber Daya Alam yang telah diberikan oleh Allah SWT. Karena itu, semua kebutuhan manusia yang tinggal di Indonesia tercukupi tanpa adanya kekurangan.

Semoga dengan butir pancasila yang ke – 16 ini. Masyarakat Indonesia akan sadar atas Hak dan Kewajibannya bahwa Negara Indonesia merupakn bagian dari seluruh umat Manusia. Karena dengan Negara ini, kita semua masih bisa bertahan hidup dan hidup damai tanpa adanya penjajahan dari Negara lain. Semoga Indonesia menjadi Negara yang tetap hidup damai dan rukun tanpa adanya perpecahan antar sesama.

NAMA            : JACQUALINE WANMA

NIM                : 20016

KELAS            : 1A

 2. KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB

BUTIR KE – 16

Bangsa Indonesia merasa dirinya

sebagai bagian dari seluruh umat manusia

Tinggalkan Balasan