Mengembangkan Sikap Tenggang Rasa dan Tepa Selira

Apa sih yang dimaksud tenggang rasa dan tepa selira?

Tenggang rasa adalah suatu sikap hidup dalam ucapan, perbuatan, dan tingkah laku yang mencerminkan sikapĀ  menghargai dan menghormati orang lain. Sedangkan tepa selira adalah sikap yang dapat merasakan atau menjaga perasaan orang lain sehingga tidak menyinggung perasaan atau dapat meringankan beban orang lain.

Sikap tenggang rasa merupakan sikap yang memiliki nilai budi pekerti yang baik. Dengan memiliki sikap tenggang rasa ini, kita bisa menempatkan diri pada lingkungan pergaulan dengan benar sehingga tercipta suasana yang rukun, harmonis, serasi, selaras, dan seimbang. Salah satu contoh tenggang rasa yaitu antarumat beragama, kita pasti mempunyai teman yang berbeda agama. Hal itulah yang membuat sikap tenggang rasa tumbuh dengan sendiri nya. Sikap tersebut tumbuh karena adanya sebuah perbedaan, baik perbedaan agama, ras, suku, bangsa maupun yang lainnya.

Banyak manfaat yang akan kita dapat jika memiliki sikap tenggang rasa, antara lain : menumbuhkan rasa saling menghormati antar sesama, menciptakan suasana aman dan tentram, mempererat rasa kekeluargaan dan keakraban, memupuk rasa tanggung jawab, memupuk rasa kebersamaan sehingga menciptakan keadaan kerukunan dalam lingkungan, memperkuat tali persaudaraan,dan menjadi pribadi yang baik mengerti keadaan orang lain.

Contoh tenggang rasa dan tepa selira dalam lingkup sederhana yaitu pada lingkungan keluarga. Dalam lingkup keluarga ini biasanya terjadi antara orang tua dan anak. Kewajiban anak sebagai rasa tenggang rasa di keluarga contohnya membantu orang tua, berperilaku sopan kepada anggota keluarga, berperilaku sopan santun kepada anggota keluarga lainnya.

Selain dalam lingkungan keluarga, tenggang rasa harus juga terdapat pada lingkungan masyarakat. Dalam kehidupan bermasyarakat, setiap orang memiliki kepentingan yang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lainnya. Contohnya membantu teman jika ada yang terkena musibah, menjenguk teman yang ketika sedang sakit, menghormati teman ketika mereka sedang beribadah.

Maka dari itu, kita sesama manusia yang merupakan makhluk sosial harus menumbuhkan rasa tenggang rasa dan tepa selira. Agar dalam bermasyarakat hidup harmonis, tidak terjadi perbedaan yang dapat memyebabkan perpecahan yang dapat menghancurkan NKRI.

 

Tinggalkan Balasan