TANGGUNG JAWAB

Tanggung jawab (responsibility) menurut KBBI adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya (kalau terjadi apa-apa boleh dituntut, dipersalahkan, diperkarakan, dan sebagainya). Secara umum tanggung jawab  merupakan  kesadaran/ respon manusia untuk menerima konsekuensi terhadap apa saja yang telah dia lakukan baik itu di sengaja maupun tidak di sengaja.

Manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna. Manusia memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh makhluk ciptaan lainnya. Meskipun begitu, manusia tidak dapat hidup sendiri dan tetap membutuhkan makhluk lain untuk kelangsungan hidupnya. Di dunia ini manusia tidaklah hidup sendirian, masih terdapat manusia lain yang menempati dunia ini. Hubungan timbal balik dan ketergantungan antara manusia dengan manusia lain itulah yang membuktikan bahwa manusia merupakan makhluk sosial.

Indonesia merupakan negara  yang berlandaskan kepada Pancasila dan UUD 1945. Salah satu sila pada Pancasila yaitu sila ke- 4 berbunyi “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.” Dari sila ke- 4 tersebut, terdapat 10 butir pengamalan sila tersebut yang salah satunya membahas tentang pengambilan keputusan yang bertanggung jawab. Setiap hari kita pasti selalu mengambil keputusan seperti ingin makan apa, ingin memakai baju warna apa, ingin kemana dan sebagainya. Keputusan ada sebelum adanya tindakan. Setiap keputusan yang akan ambil selalu dipikirkan terlebih dahulu dampak/ akibat yang dapat ditimbulkannya baik dampak positif maupun negatif dan pengaruh terhadap diri sendiri, orang lain maupun lingkungan.

Setiap dampak yang ditimbulkan dari sebuah keputusan akan selalu diminta pertanggung jawabannya. Tanggung jawab dapat dibedakan menjadi lima jenis yaitu tanggung jawab terhadap diri sendiri, tanggung jawab terhadap keluarga, tanggung jawab terhadap masyarakat sekitar, tanggung jawab terhadap bangsa dan negara dan tanggung jawab terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

1. Tanggung jawab terhadap diri sendiri

Tanggung jawab terhadap diri sendiri merupakan tanggung jawab yang paling dasar. Tanggung jawab ini menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi sehingga ketika terdapat masalah-masalah pribadi dapat diselesaikan secara individual. Contoh : sebagai seorang pelajar kita memiliki tanggung jawab yaitu untuk belajar dan mengerjakan tugas yang diberikan kepadanya.

  1. Tanggung jawab terhadap keluarga

Keluarga merupakan organisasi masyarakat paling kecil dan dasar. Anggota keluarga paling dasar terdiri dari ayah, ibu dan anak. Setiap anggota keluarga memiliki tanggung jawabnya masing-masing. Seorang ayah bertanggung jawab untuk memimpin dan menafkahi keluargan, seorang ibu bertanggung jawab untuk mengurus keluarga dan seorang anak bertanggung jawab untuk berbakti kepada ke dua orang tuanya.

  1. Tanggung jawab terhadap masyarakat sekitar

Manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan manusia lain.  Karena manusia membutuhkan manusia lain maka diperlukan suatu penghubung yang disebut sebagai komunikasi. Komunikasi antara manusia satu dengan yang lainnya membentuk sebuah hubugan yang cakupannya cukup luas. Bentuk hubungan dan interaksi antara manusia satu sama lain dalam suatu lingkup tertentu disebut sebagai masyarakat.

Di zaman sekarang perkembangan teknologi sangatlah massive, adanya bantuan teknologi membuat cakupan komunikasinya menjadi lebih luas lagi bahkan dapat menghubungkan dengan yang jaraknya jauh sekalipun yang dapat membentuk masyarakat luas. Kita dalam melakukan aktivitas tidak pernah terlepas dari peran masyarakat di dalamnya. Sebagai anggota masyarakat, kita memiliki tanggung jawab terhadap masyarakat sekitarnya. Sebagai contoh kita bertanggung jawab terhadap kebersihan, keamanan dan kenyamanan lingkungan masyarakat sekitar.

  1. Tanggung jawab terhadap bangsa dan negara

Warga negara adalah orang yang tinggal dan secara hukum berhak tinggal di suatu negara. Dalam setiap melakukan aktivitas, warga negara harus mentaati peraturan-peraturan yang ada di negara tersebut baik itu tertulis maupun tidak tertulis. Apabila seorang warga negara melanggar peraturan maka dia akan dimintai pertanggung jawabannya terhadap negara berupa hukuman seperti tegurang, sanksi/denda maupun pidana kurungan. Setiap hukuman yang diberikan harus dilaksanakan dengan sejujur-jujurnya dan seadil-adilnya oleh pihak yang berwenang berlandaskan UUD 1945 sebagai dasar hukum negara Indonesia.

Setiap warga negara Indonesia memilik hak dan kewajibannya masing-masing. Hak didapat apabila warga negara telah melaksanakan kewajibannya terlebih dahulu. Kewajiban warga negara Indonesia antara lain menaati hukum dan peraturan yang berlaku, bela negara, menghormati HAM orang lain, membayar pajak, ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara dan masih banyak lagi.

  1. Tanggung jawab terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Manusia merupakan salah satu makhluk ciptaan Tuhan di dunia ini. Tuhan menciptakan manusia agar mereka beribadah dan menyembah kepada-Nya. Semua agama yang ada mengajarkan untuk menyembah Tuhan mereka dan beribadah terhadap-Nya. Setiap agama memiliki tata cara ibadah,kitab dan peraturan agama mereka masing-masing. Ibadah merupakan tanggung jawab masing-masing umat. Mereka bertanggung jawab secara langsung kepada Tuhan mereka terhadap apa saja yang pernah mereka perbuat di dunia ini. Tuhan pasti akan memberikan balasan terhadap segala perbuatan umat-Nya baik itu balasan  terhadap perbuatan yang buruk maupun balasan terhadap perbuatan yang baik.

Tinggalkan Balasan

News Feed