Mengembangakan Persatuan atas dasar Bhineka Tunggal Ika

Apa yang dimaksud dengan persatuan Indonesia? Persatuan Indonesia adalah suatu peristiwa atau keadaan ketika seluruh elemen bangsa dan negara Indonesia mampu mendahulukan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi atau kelompok.

Sedangkan Bhineka Tunggal Ika adalah berbeda-beda tetapi tetap satu jua.Masyarakat indonesia mempunyai berbeda-beda ras,agama,budaya dan adat istiadat.Meskipun begitu,kita sebagai warna negara harus bersatu untuk kemajuan bangsa ini.

Bhineka tunggal ika merupakan semboyan negara Indonesia sebagai dasar untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan Indonesia.Kita harus menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam mengembangkan persatuan indonesia atas dasar Bhineka Tunggal Ika hendaknya kita sebagai warga negara menyadari betapa pentingnya persatuan tanpa membeda-bedakan ras,agama,suku,adat dan lain-lainnya.

Dalam kehidupan sehari-hari pun misalnya dalam pertemanan kita pasti mempunyai teman yang berbeda dengan kita misalnya dari agama ataupun suku ,kita harus menghargai mereka kita tidak boleh membeda-bedakan mereka, berbeda itu indah.

Kita harus saling menghargai antar masyarakat yang satu dengan yang lainnya,kita harus mempunyai toleransi terhadap orang yang berbeda dengan kita baik keyakinan ataupun adat istiadat.

Tanpa rasa persatuan berdasarkan bhineka tunggal ika, negri ini pasti akan kacau di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,dimana setiap orang hanya akan mementingkan dirinya sendiri atau daerahnya sendiri tanpa mementingkan kepentingan bersama.

Oleh karena itu marilah kita sebagai warga negara indonesia menjaga dengan sebaik-baiknya persatuan atas dasar bhineka tunggal ika untuk memajukan bangsa ini.

Tinggalkan Balasan