Kenapa sih saya memilih jadi perawat?

 

Nama    : Lisa Yulia Ningsih

Tingkat : 27’B

NIM      : 20060

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Halo semuanya… Apa kabar untuk hari ini? Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT amin… Perkenalkan nama saya Lisa Yulia Ningsih saya adalah mahasiswi dari Akademi Keperawatan Polri. Pada kesempatan kali ini saya mendapat tugas dari salah satu dosen saya yaitu Bapak Thamrin Dahlan,Sk, beliau memberi tugas untuk menjelaskan mengapa alasan saya sebagai mahasiswi keperawatan memilih jurusan tersebut.

Sejak saya duduk di bangku pendidikan mungkin sudah sangat lumrah mendengar teman-teman mengatakan “nanti besar saya ingin jadi dokter”, “nanti besar saya ingin jadi pilot” dan pekerjaan sukses lainnya. Saya pun begitu, pramugari menjadi pilihan tepat saya setiap saya mengisi biodata mengenai cita-cita. Tidak pernah terpikir sedikitpun untuk menjadi perawat karena berhubung saya anaknya memang penakut dan rumah sakit adalah tempat yang menyeramkan di setiap cerita horror, jadi memang sudah tidak mempunyai minat di bidang itu.

Hingga suatu ketika suatu peristiwa menimpa keluarga saya. Tubuh ayah yang semula tinggi besar berlaut paun termakan oleh suatu penyakit. Penyakit menyeramkan ini adalah “diabetes”.Ya, penyakit yang sampai sekarang pun belum ditemukannya obat untuk menyembuhkan penyakit ini secara total. Bahkan sampai sekarang ayah saya masih minum obat secara rutin dan menjaga pola makan untuk menjaga gula darahnya tetap stabil. Pada tahun ini banyak peristiwa buruk yang disebakan kesehatan yang menimpa keluarga saya seperti sodara terdekat saya meninggal dunia akibat terlalu banyak meminum teh instan, nenek yang mulai sakit-sakitan karena faktor usia.Tahun yang sangat berat untuk keluarga saya.

Sejak saat itu saya menyadari harus ada salah satu di keluarga yang dapat mengerti tentang penyakit di dunia ini yang semakin lama semakin tidak wajar. Dan akhirnya saya memutuskan untuk masuk Sekolah Menengah Kejuruan Keperawatan. Dari SMK ini saya mulai mengerti banyak mengenai penyakit-penyakit, menjaga kesehatan sejak dini, menjaga pola makan yang sehat dll. Saya mulai mengajarkan orang terdekat saya untuk mulai hidup sehat. Saya mulai menikmati di pendidikan bidang kesehatan ini dan ternyata tidak seburuk yang ada di pikiran saya.

Semoga profesi yang saya pilh ini bisa menjadi amanah bagi saya kedepannya. Apalagi semakin hari dunia semakin membutuhkan tenaga medis seperti yang sekarang kita sedang alami mengenai virus yang sedang melanda dunia saat ini yaitu Covid-19 tidak pernah terfikirkan oleh siapapun virus yang tak kasat mata ini bahkan bisa menggemparkan dunia, mengambil nyawa miliaran orang di dunia tanpa pandang bulu. Saat ini peran tenaga kesehatan sangat di perlukan mereka semua adalah pahlawan di garda terdepan di saat pandemi ini. Saya berharap semoga kelak bisa menjadi salah satu dari mereka yang bisa berjasa dan berguna bagi banyak orang.

Gaji perawat memang tidak seberapa di banding pekerjaan lainnya, tetapi Ayah saya pernah berpesan “carilah pekerjaan yang tidak hanya sekedar pekerjaan, tapi di setiap tindakannya mendapat pahala yang dapat mengalir, pekerjaan yang membuat kita kaya tidak hanya di dunia tetapi juga di akhirat”.

Sekian pemaparan saya mengenai alasan saya menjadi perawat. Terimakasih buat yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca tulisan saya kali ini. Maaf jika tulisan saya masih berantakan dan masih banyak salah tolong dimaklumi. Semoga menjadi motivasi buat kalian yang masih bingung mau kuliah mengambil jurusan yang tepat.

Wabillahit taufiq wal hidayah, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

 

Tinggalkan Balasan

News Feed