Kita Ucapkan Selamat Tahun Baru Imlek Pertanda Persahabatan Kita

Edukasi, Humaniora13 Dilihat

HARI ini, orang China merayakan Tahun Baru Imlek 2021. Termasuk orang China yang sudah menjadi warga Indonesia dengan sebutan suku (etnis) Teonghoa. Orang China di Negara kita (Teonghoa) menjadi salah satu suku yang menjadi bagian dari Warga Negara Indonesia. Pemerintah kita pun sudah menetapkan hari Jumat (12/02/2021), ini sebagai hari Libur Nasional untuk memberi kesempatan orang China Indonesia merayakannya. Selamat Tahun Baru Imlek 2572 Kongzili.

Bagi kita (bukan Teonghoa) yang tidak merayakannya tapi selalu bersama dengan saudara-saudara kita, itu satu kalimat yang sering kita dengar diucapkan adalah kalimat Gong Xi Fa Chai yang berarti –katanya bermakna– ‘selamat tahun baru, semoga kaya raya.’ Tapi ada juga teman saya mengatakan artinya adalah ‘selamat tahun baru’ saja dan kalimat ‘semoga sehat selalu,’ adalah doa pengringnya Terserahlah maknanya yang benar. Itu doa yang baik jika disejalankan dengan ucapan selamat tahun baru itu.

Satu kenyataan yang kita perhatikan, ‘Gong Xi Fa Chai’ selalu diucapkan dengan bunyi iringan doa yang berbeda-beda. Misalnya doa semoga sehat selalu, semoga kaya-raya, semoga dapat jodoh, doa semoga hidup tenang dan banyak doa lainnya yang mengiringi kalimat itu. Tapi, selain kalimat itu ada juga beberapa istilah (dalam bahasa China) yang ternyata diucapkan dan digunakan untuk menyampaikan ucapan selamat tahun baru Imlek setiap tahunnya.

Pada beberapa situs banyak ditulis istilah-istilah lain selain Gong Xi Fa Chai yang maknanya kurang lebih sama. Saya ingin mengutup seperti ditulis oleh TribunJogja, saya kutipkan beberapa istilah yang juga diucapkan untuk menyatakan ucapan Selamat Tahun Baru Imlek, misalnya Xin Nian Haou (Selamat Tahun Baru), Xin Nian Kuaile (Selamat Tahun Baru), Ma Dao Cheng Gong (Semoga Bisa Meraih Kesuksesan), Gio Nian Hao (Semoga Bisa Melwati Tahun Baru dengan Baik) dan beberapa ucapan lainnya. Kalimat-kalimat itu juga diucapkan oleh orang China dalam merayakan Tahun Baru Imlek.

Seperti sudah kita baca dan kita ketahui bahwa pada 2021 ini, tahun baru China atau tahun baru Imlek akan memasuki tahun 2572. Disebut sebagai Tahun Baru 2572 Kongzili. Dan berdasarkan kalender atau penanggalan China, tahun baru Imlek 2021 ini akan masuk dalam tahun Kerbau Logam. Orang-orang China berdoa dan menaruh doa dan harapan agar di tahun Kerbau Logam 2021 (2572 Kongzili) ini segala kondisi akan menjadi jauh lebih baik dari pada tahun-tahun sebelumnya.

Sebagaimana juga di hari-hari raya lainnya, salah satu cara untuk tetap terhubung dengan keluarga, teman dan rekan kerja adalah dengan mengirimkan ucapan selamat tahun baru kepada saudara, teman-teman dan tentunya keluarga. Kalimat-kalimat di atas tadi adalah ucapan-ucapan yang sering disampaikan sesame orang China, termasuk etnis Teonghoa Indonesia. Bagi kita di luar suku China (di Indonesia) kita juga berdoa untuk saudara-saudara kita ini semoga sehat selalu dan Indonesia semakin jaya.***

Tinggalkan Balasan