Semangat yang Membara

 

 

 

Semangat 45 adalah dorongan dan manifestasi dinamis dari jiwa 45 yang membangkitkan kemauan untuk berjuang merebut kemerdekaan bangsa, menegakkan kedaulatan rakyat serta mengisi dan mempertahankannya.

Perjuangan kemerdekaan menghantarkan kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945. Berbagai upaya untuk mencapai kemerdekaan sesuai sejarah didahului oleh semangat anti penjajahan yang tercermin dalam berbagai kelompok dan organisasi masyarakat maupun sikap-sikap individu para pemuka agama maupun pemuka masyarakat terhadap pentingnya kemerdekaan.

Semangat jihad untuk berjuang melawan penjajah sungguh dahsyat karena didasari oleh ajaran agama (Islam) yang anti penjajahan terhadap sesama manusia. Perhambaan hanya boleh kepada Allah SWT saja, kepada yang lain adalah haram hukumnya.

semangat juang yang tinggi menjadikan masyarakat indonesia saling bahu membahu dan gotong royong dalam memperjuangkan kemerdekaan indonesia pada saat itu.

Sebagai pemuda penerus kaum milenial ini, wajib menanamkan semangat yang membara dalam mempertahankan keadilan baik dilingkungan sekolah, kampus bahkan lingkungan masyarakat. Agar kita tau dan bisa bertanggung jawab penuh terhadap apa yang sudah seharusnya menjadi hak para pemuda ini.

jangan mau kalah dengan orang-orang lanjut usia, tetapi ia masih semangat berjuang mencari nafkah demi menghidupkan keluarga kecilnya. sedangkan kita pemuda pemudi dengan tenaga yang masih cukup bagus, tetapi kita bermalas malasan dengan tidak mau belajar menuntut ilmu demi masa depan yang cerah.

Belum lama ini para mahasiswa dan mahasiswi mengadakan aksi demonstrasi demi memperjuangkan hak nya, patut di pertahankan sikap dan kepedulian para pemuda demi keutuhan bangsa Indonesia ini. jika bukan kita para pemuda bangsa yang melakukan aksi seperti itu lalu siapa lagi yang peduli terhadap bangsa ini.

dalam mengaplikasikan semangat juang 45 ke dalam kehidupan juga harus memperhatikan nilai-nilai berikut :

  1. Ketuhanan yang Berkebudayaan
  2. Kebangsaan Yang Anti Chauvinisme
  3. Permusyawaratan Dan Perjuangan
  4. Demokrasi Politik dan Ekonomi

Oleh sebab itu bagi kita bangsa Indonesia harus bertekad baik secara individu, keluarga dan masyarakat untuk melestarikan jiwa, semangat dan nilai-nilai kejuangan 45, tentu melalui penghayatan, penerapan dan pengamalan dalam kehidupan kita sehari-hari dan bertekad untuk menyebarluaskan atau mentransformasikan kepada generasi penerus kita.

 

Tinggalkan Balasan