Menggelorakan Semangat Juang 45 Generasi Muda

Banyak makna yang bisa digali dari momentum Hari Pahlawan (10/11) kemarin. Terutama makna perjuangan untuk generasi muda sebagai penerus bangsa. Salah satu yang harus dilakukan adalah menjaga generasi emas agar tidak terjerumus dalam hal negatif.

Salah satu caranya adalah dengan menggelorakan semangat juang 45 kepada generasi muda. Sebagai generasi muda kita harus benar-benar mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Salah satunya adalah berjuang melawan narkoba. Berjuang dalam melawan narkoba merupakan perjuangan yang sangat penting dilakukan untuk generasi muda saat ini.

Alasan pertama kita harus melawan narkoba adalah narkoba bisa menghancurkan masa depan anak muda. Anak-anak muda yang semestinya menjadi calon-calon penerus bangsa akan hancur masa depannya jika masuk kedalam lingkarang narkoba. Jangankan masa depan bangsa, masa depan mereka sendiri pun akan rusak akibat dari barang haram ini. Hal ini dikarenakan narkoba akan menciptakan generasi-generasi yang ketergantungan pada barang tersebut, yaitu generasi yang tidak bisa lepas dari narkoba.

Alasan yang kedua adalah narkoba bisa mematikan kreatifitas anak bangsa. Anak muda semestinya memliki daya kreatifitas yang tinggi. Namun,apa yang terjadi ketika mereka masuk kedalam jurang narkoba? Mereka akan kehilangan semua. Narkoba ini perlahan-lahan akan mematikan sel-sel otak mereka sehingga lama kelamaan otak mereka tidak mampu lagi berkreasi dan yang ada didalamnya hanyalah narkoba. Jika sudah terkontaminasi oleh narkoba, maka tidak ada lagi kreatifitas yang tersisa.

Alasan yang terakhir adalah narkoba menciptakan generasi kriminal. Para remaja yang sudah terjerat ke dalam lingkaran setan ini akan terus-menerus dipaksa untuk memenuhi keinginan mereka terhadap narkoba. Akibatnya, mereka akan melakukan apa saja untuk mendapatkan barang haram itu, termasuk dengan perbuatan-perbuatan yang melanggar hukum, seperti mencuri, merampok, menipu dan membunuh dengan keji. Semua yang dilakukan itu tidak lain dan tidak bukan karena narkoba yang telah merusak otak dan jiwa mereka.

Pahlawan yang sebenarnya tidak pernah menonjolkan dirinya. Termasuk pahlawan saat ini yang telah ikut membangun bangsa melalui pemikiran dan kerja saat ini. Mereka tidak pernah mengaku-ngaku bahwa dia berjasa. Orang-orang yang peduli terhadap usaha-usaha kecil. Mereka yang bersemangat dalam kreativitasnya untuk pengembangan industri kecil itu. Mereka orang-orang yang berjasa untuk pembangunan negeri, berjasa dalam hal ilmu pengetahuan, dan berjasa dalam segala bidang. Dan yang paling penting adalah kesadaran dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

Kita sebagai generasi penerus bangsa harus semangat untuk melanjutkan perjuangan. Berjuang untuk memajukkan Indonesia dan kita selaku generasi muda harus memiliki semangat yang kuat. Untuk mempersiapkan diri melanjutkan perjuangan para pahlawan yaitu dengan cara berjuang melawan narkoba dan menumbuhkan sikap nasionalisme agar terciptanya kerukunan antar sesama umat manusia dan tidak lupa akan pengorbanan para pahlawan kita dan harus kita kenang sebagaimana mestinya.

Tinggalkan Balasan