Saya cinta indonesia

Terbaru0 Dilihat

Nama : Monica elsyadai br pandia

Nim     :20063

Kelas   : 1B / Agkatan 27

 

Tanggung jawab saya sebagai warga negara indonesia

*Saya cinta indonesia           

 

Sebelum nya harus diketahui terlebih dahulu apa itu tanggug jawab kita sebagai warga negara indonesia (WNI)  . Pengertian tanggung jawab adalah keadaan dimana wajib menanggung segala sesuatu, sehingga berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya. Kita hidup didunia ini mempunyai tanggung jawab yang harus kita kerjakan, entah itu tanggung jawab terhadap diri sendiri, tanggung jawab terhadap Tuhan YME, tanggung jawab terhadap masyarakat, tanggung jawab terhadap bangsa dan negara dan lainya. Pada konteks ini, kita membahasa mengenai tanggung jawab sebagai warga negara. Sebagai warga negara Indonesia, kita bertanggung jawab untuk membangun kesadaran hidup berdasarkan pancasila dan UUD 1945.

Jadi kita sebagai warga negara indonesia saling tolong menolong maka kita diajar kan untuk saling membantu terhadap sesama untuk saling membantu terhadap sesama untuk itu sebagai negara yang berdaulat dan berdasarkan pancasila kita harus saling tolong menolong .

*Tangung jawab yang dapat kita lakukan sebagai warganegara

– Warga negara ;

> Menjaga nama baik negara indonesia

>Saling menghargai satu sama lain

>menjaga kerukunan antara warganegara

Jadi tanggung jawab adalah kesadaran diri manusia terhadap semua tingkah laku dan perbuatan yg di sengaja atau pun tidak sengaja .Berani bertanggung jawab atas semua kesalahan kita konsisten dalam menentukan pilihan mampu berbuat lingkungan disekitar tetap rukun damai tenang dan menjaga kebersihan sesama mahluk hidup .

Kita sebagai warganegara indonesia sudah sepatutnya mencintai negara kita sendiri karna dimana kita tau bahwa negara ini didirikan oleh dara dan perjuangan ,menjaga amanah kemerdekaan yg telah diperjuangkan oleh para pejuang dan pahlawan adalah merupakan tugas kita semua sebagai warga negara indonesia .Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang sangat besar ,dengan sumber daya alam yang begitu melimpah di negara tercinta kita ini .

Ini beberapa alasan saya kenapa kita harus bangga dan cinta kepada negara kita indonesia ;

*Keberagaman suku ,adat istiadat budaya ,bahasa ,dan agama .

*Kaya akan sumberdaya alam

*Terkenal dengan keramahan nya

*Beragam jenis makanan/kuliner yang khas

*Indonesia didirikan dengan perjuagan para pahlawan

Maka dari itu kita sebagai warganegara indonesia kita wajib mempertahakan keutuhan negara kesatuan republik indonesia (NKRI),karna negara ini didirikan oleh perjuangan dan darah para pahlawan kita .Tugas kita adalah mewujudkan dengan kesadaran bahwa kita adalah generasi penerus yang akan terus mengisi kemerdekaan indonesia .

Saya bertangung jawab untuk menjaga dan mencintai tanah air .Karena rasa cinta tanah air adalah rasa kebanggaan ,rasa memiliki ,rasa menghargai ,rasa menghormati yang dimiliki oleh setiap individu pada negara tempat iya tinggal yang tercermin dari perilaku membela tanah airnya ,menjaga dan melindungi tanah air nya ,dan rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara .

Ada banyak orang mengatakan apa yang mau di banggakan dari indonesia ini ,lihat saja khasus korupsi yang semakin merajalela ,kriminal yang semakin meresahkan masyarakat ,belum lagi demonstrasi dimana-mana .bahkan sebagia lagi ada yang mengatakan ,”Ah malas bahas tentang cinta-cinta indonesia ,makan aja susah ,boro-boro mikiri negara ini “.Sesempit apapun pemikiran-pemikiran ini harus kita hargai.

Semangat persatuan dan kesatuan dalam bermasyarakat harus dijaga guna mempererat tali persaudaran ,saling melindungi ,perdamaian dan kenyamananpun akan selalu terjaga .Jadi itulah semua alasan-alasan saya mencintai indonesia ,mari kita wujudkan rasacinta ini dengan menjaga dan melestarikan sumberdaya yang dimilikibangsa indonesia . karena kalau bukan kita siapa lagi yang akan menjaganya.

    

 

Tinggalkan Balasan