oleh

Tanggung Jawab Saya Sebagai Warga Indonesia

-Terbaru-Telah Dibaca : 102 Orang

Nama : Sherly Ayu Ramadhani
NIM : 20071

Tanggung Jawab Saya Sebagai Warga Indonesia
(Saya Cinta Indonesia)
Perkenalkan nama saya Sherly Ayu Ramadhani saya terlahir dengan status warga Negara Indonesia, ayah saya berwarga Negara Indonesia dan bertemu dengan ibu saya yang juga berwarga Negara Indonesia. Saya sangat mencintai tanah air Indonesia dari segala aspek dengan keberagaman nya dari banyak nya suku, adat istiadat, pulau yang berlimpah, dan dari alam yang di miliki tanah air ini.
Tanggung jawab menurut saya melaksanakan tugas kewajiban saya sebagai warga Negara dengan benar. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban. Jadi sebagai warganegara kita memikul kewajiban yang telah di berikan Negara kepada seluruh warga Negara nya.
Sedangkan menurut salah satu ahli yaitu Friedrich August von Hayek, pada hakikatnya hanya masing-masing individu yang dapat bertanggungjawab yakni mereka yang memikul akibat dari perbuatan mereka. Suatu masyarakat yang tidak mengakui bahwa setiap individu mempunyai nilainya sendiri yang berhak diikutinya tidak mampu menghargai martabat individu tersebut dan tidak mampu mengenali hakikat kebebasan.
Tanggung jawab yang saya laksanakan dalam kehidupan sehari hari seperti:
Saling tolong-menolong
Menjaga persatuan dan kesatuan
Wajib menaati hukum pemerintah
Wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara
Wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara
Menjaga dan mencintai tanah air
Melaksanakan pancasila dalam kehidupan sehari-hari
Saya sebagai warga Negara Indonesia sangat mencintai tanah air dengan berlimpah nya sumber daya alam yang sangat indah saya ingin sedikit bercerita saat saya mengelilingi menikmati keindahan alam di jogja disana masih banyak sekali pulau pantai pantai indah yang belum banyak orang tau dengan ke asrian nya yang sangat menenangkan hati, ada juga goa yang didalam nya sangat indah, serta ada tebing breksi yang tidak kalah indah dari wisata wisata luar negri.
Itu hanya secuplik ke indahan yang saya pernah datangi dan masih banyak lagi tempat yang bisa di kunjungi dan di banggakan dari tanah air ini yang memiliki beribu ribu pulau yang harus kita jaga. Sebagai warga Negara yang baik kita juga harus saling bertanggung jawab untuk merawat dan melestarikan seisi tanah air.
Mencintai tanah air juga bisa dengan cara melestarikan seperti melestarikan lagu lagu dari bahasa daerah, mendukung produk produk yang dibuat oleh anak anak bangsa, dengan melestarikan baju baju adat, dan bangga memperkenal kan batik kepada Negara asing.
Contoh sikap mencintai tanah air dilinkungan masyarakat:
Berbuat baik kepada orang lain.
Bangga sebagai bangsa Indonesia.
Menjaga nama baik bangsa Indonesia.
Menggunakan hak pilih dalam pemilu.
Menjaga fasilitas umum

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed