Joget Arab

 

Orang Arab di Uni Emirat Arab punya dua joget. Pertama joget tongkat. Kedua joget senapan.

Joget tongkat adalah mereka pegang tongkat sambil goyang, cara goyangnya simpel banget, kepalanya turun naik sambil tongkatnya juga ikut digoyang.

Yang menarik adalah jumlah pejogetnya. Biasanya joget tongkat dilakukan oleh banyak orang. Ceritanya mereka berbaris sambil berhadap-hadapan. Lalu mulailah mereka bergoyang. Asyik banget pokoknya.

Kapan acara joget tongkat dilakukan?

Kalo ada hajatan, semisal nikahan, mereka berjoget, bersuka ria. Joget tongkat juga kerap dilakukan untuk menyambut “orang besar”. Bahkan di mal ada juga orang Arab yang bergoyang dengan tongkatnya. Biasanya untuk promosi wisata.

Joget senapan, hampir sama dengan joget tongkat, tapi memang butuh keahlian lebih. Karena para pejoget senapan harus mendemontrasikan keahliannya melempar senapan keatas, kadang lemparannya sangat tinggi lalu mereka harus bisa menangkap kembali senapannya.

Kedua joget ini, baik joget tongkat dan joget senapan hanya dilakukan oleh para lelaki, sedangkan perempuan tidak melakukannya.

Perempuan Arab di Uni Emirat tidak berjoget didepan umum. Sepanjang tinggal di sana, saya tidak pernah menyaksikan perempuan Arab lokal yang berjoget-joget didepan umum.

Sedang berjoget di Zabel Palace pada suatu ketika.

Tinggalkan Balasan