Tanggung Jawab Saya Sebagai Warga Indonesia

Terbaru0 Dilihat

(Saya Cinta Indonesia)

Asallamualaikum wr wb. Apa sih warga negara itu? warga negara adalah anggota dari sekelompok manusia yang hidup dan tinggal di suatu wilayah hukum tertentu.warga negara harus tunduk dan taat pada peraturan yang berlaku di negaranya dengan melaksanakan aturan dengan baik dan bertanggung jawab. Warga negara berarti penduduk sipil, penduduk sipil melaksanakan kegiatan demokrasi secara langsung dalam suatu polis atau negara kota ( city state ).

Tanggung jawab adalah keadaan dimana wajib menanggung segala sesuatu, sehingga berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.

Pada pasal 26 UUD 1945, yang menjadi warga negara adalah orang-orang bangsa asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan UU sebagai warga negara. Syarat  syarat menjadi warganegara ditetapkan dengan UU. Setiap warganegara mempunyai hak dan kewajiban seperti yang dijelaskan dalam Pasal 27 ayat(1)UUD 1945 berbunyi “Segala warga negara bersamaan kedudukannya   didalam hokum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hokum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya”.  Dan Pasal 27 ayat (2) UUD 1945 berbunyi “Tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan”.

Sebagai warga negara Indonesia kita pun memiliki tanggung jawab, diantaranya yaitu Memelihara rasa persatuan dan kesatuan masyarakat, Memelihara ketertiban dan keamanan bermasyarakat, Meningkatkan rasa solidaritas sesama masyarakat, Menghapus tindakan diskriminasi, memahami dan mengamalkan ideology nasional kita, yakni Pancasila dalam kehidupan sehari –hari dalam berbagai bidang kehiudpan seperti politik, ekonomi, sosial, budaya, dan keamanan.

Setiap manusia pasti tidak bisa hidup sendiri karena sesame manusia itu saling bergantung satu sama lain. Saya dan keluarga saya terlahir di Indonesia atau bisa di sebut orang pribumi asli, yang memiliki banyak sekali suku bangsa dan budaya didalamnya. Seperti kakek saya islam dan menikah dengan nenek saya yang Kristen (mualaf). Kami sekeluarga mempunyai kepercayaan yang berbeda tetapi saling menghormati kepercayaan masing masing.

Saat bulan puasa tiba saat keluarga saya yang muslim akan menjalankan lebaran keluarga saya yang Kristen akan bersilaturahmi ke tempat kami yang islam dan sebaliknya saat natal tiba keluarga saya yang islam akan bersilaturahmi ke keluarga saya yang Kristen.

Saling menghargai dan menjunjung tinggi sikap toleransi saling menghargai dan saling menghormati serta bekerjasama karena keberagaman agama membuat kita saling melengkapi. bukan saling menjatuhkan. agama bukanlah masalah. kepercayaan berbeda, namun kita harus tetap bisa menghargai hal tsb. disetiap agama pasti diajarkan untuk saling menghargai umat agama lain. maka dari itu kita harus menerapkannya.

Tinggalkan Balasan