oleh

Tanggung Jawab Saya sebagai Warga Negara Indonesia

-Sosbud-Telah Dibaca : 190 Orang

Indonesia banyak memiliki suku, ras, agama, adat istiadat, dll. Saya sebagai Warga Negara Indonesia sangat bangga bisa menjadi bagian dari Negara Indonesia. Sebagai Warga Negara yang baik, seharusnya kita mencintai negeri kita yang elok ini. Banyak cara untuk menggambarkan rasa cinta tanah air kita. Salah satunya dengan mengerjakan kewajiban kita sebagai Warga Negara Indonesia, dengan penuh tanggung jawab.

Setiap warga dari suatu Negara pasti memiliki tanggung jawabnya masing-masing. Begitupula saya, sebagai bagian dari Warga Negara Indonesia, tentu saya memiliki tanggung jawab sebagai Warga Negara Indonesia. Tanggung jawab sebagai Warga Negara juga mencakup tanggung jawab kita sebagai anggota masyarakat.

Saya sebagai pelajar pun harus bertanggung jawab  dengan tugas saya yaitu wajib belajar selama 12 tahun. Banyak Warga Negara Indonesia yang masih belum bisa bersekolah baik karena biaya ataupun putus sekolah. Padahal, dengan bersekolah dan wajib belajar selama 12 tahun, kita sudah ikut bertanggung jawab sebagai warga Negara yang baik.

Kita juga harus bertanggung jawab dengan menjaga dan melestarikan budaya kita. Contohnya, dengan memakai produk buatan dalam negeri. Kita harus mencintai produk buatan dalam negeri agar rasa cinta tanah air yang ada di dalam diri kita tidak pudar.

Dan juga ada beberapa kewajiban yang wajib kita kerjakan sebagai Warga Negara Indonesia, diantaranya wajib membayar pajak, wajib mematuhi peraturan sebagaimana ditulis dalam perundang-undangan, wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara, dan wajib menjaga pertahanan dan keamanan Negara.

Tanggung jawab yang saya jalani sebagai Warga Negara Indonesia ialah selalu menghormati orang lain walaupun orang itu tidak seagama ataupun se-ras dengan saya. Dari kecil hingga sekarang saya tidak pernah pilih-pilih dalam berteman. Saya pun tak sedikit memiliki teman yang berbeda agamanya dengan saya. Namun, saya tetap menghormati dan menghargainya.

Saya juga bertanggung jawab atas kebersihan baik di lingkungan rumah maupun sekolah. Dan saya juga selalu bergotong royong dengan keluarga, tetangga, maupun teman-teman di sekolah.

Saya merasa bangga sekali menjadi Warga Negara Indonesia. Selain karena alamnya, Indonesia merupakan Negara yang terdiri dari orang-orang yang memiliki sikap ramah dan sopan santun. Kita patut bangga dan cinta akan tanah air kita.

 

Terima Kasih.

 

Nama : Rosdiana Andini

Kelas  : 27 A / 20033

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed