Tanggung Jawab Saya Sebagai Warga Negara Indonesia

Terbaru0 Dilihat

 

 

 

 

(Saya Cinta Indonesia)

         Saya terlahir di Indonesia lebih tepatnya di Jakarta. Saya sebagai Warga Negara Indonesia bangga akan itu, saya sangat mencintai bangsa saya ini. Karena Indonesia merupakan negara yang cantik, alamnya pun sangat indah, dan sukunya beragam. Di Indonesia ini saya jadi mengerti rasanya bertoleransi entah itu dalam agama, budaya, suku, dan lain lain.

         Sudah 18 tahun saya tinggal di Indonesia, dan sudah 18 tahun pula saya menjadi Warga Negara Indonesia. Setiap tinggal di suatu negara pasti kita harus bertanggung jawab untuk negara tersebut, dan saya pun juga bertanggung jawab. Tanggung jawab saya sebagai warga negara Indonesia yaitu:

         Pertama, saya menempuh pendidikan 12 tahun dan sekarang saya sudah melewati pendidikan wajib 12 tahun tersebut. Di Indonesia ini banyak sekali fasilitas yang di sediakan pemerintah. Salah satunya yaitu sekolah, dan saya selaku warga negara Indonesia saya akan bersekolah untuk menempuh pendidikan agar bisa menjadi warga Indonesia yang berilmu dan bisa menaikkan martabat Indonesia dihadapan dunia.

         Kedua, mematuhi rambu lalu lintas dan memanfaatkan fasilitas di jalan yang ada. Misal kalau ingin menyebrang jalan, seharusnya kita menyebrang di zebra cross. Kalau saya sedang dijalan dan ada lampu lalu lintas menandakan lampu merah berarti saya harus berhenti. Namun, kalau hijau berarti boleh jalan kembali, dan kuning berarti hati hati. Karena adanya rambu lalu lintas itu saya menjadi lebih disiplin untuk mengikuti aturan tersebut.

         Ketiga, mengamalkan nilai Pancasila. Misalnya, saya mengambil sila ke 1 dari Pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa sila ini berarti Tuhan itu hanya satu dan saya pun mempercayainya. Saya pun juga warga negara Indonesia yang beragama yang mengakui kalau Tuhan itu Esa yaitu satu.

         Keempat, toleransi. Di Indonesia ini banyak sekali agama, ras, dan suku. Tanggung jawab saya sebagai warga Indonesia adalah saya tidak membeda bedakan warga Indonesia yang lain, karena adanya semboyan Bhineka Tunggal Ika yang berarti berbeda beda tetapi tetap satu jua. 

Lagipula kita tetap bersaudara yaitu saudara berbangsa, dihadapan negara kitapun sama, sama sama warga negara Indonesia.

         Jadi, diatas merupakan beberapa contoh tanggung jawab saya sebagai warga negara Indonesia. Dimana saya cinta tanah air ini dan saya bangga menjadi bagian dari Indonesia, saya berharap bangsa Indonesia menjadi negara yang akan lebih baik lagi.

Tinggalkan Balasan