Butir butir pancasila

Terbaru0 Dilihat

Nama. : Nabila Septiani
Kelas. : IB

Butir butir pancasila
Membina kerukukan hidup diantara sesama umat beragama
dan kepercayaan kepada Tuhan yang maha esa.

Secara umum, butir-butir dari sila pertama ini membahas mengenai aspek
ketuhanan dan keagamaan dari bangsa Indonesia. Diharapkan bahwa setiap penduduk negara Indonesia percaya dan beriman kepada ke-Tuhan-an yang Maha Esa.

Kita tahu bawhwa Indonesia memiliki beragam agama, suku, ras,bahasa
serta beragam warna kulit.

Kita sebagai warga negara Indonesia tidak boleh diskriminatif dan tidak hormat kepada orang-orang yang memiliki agama atau kepercayaan yang berbeda dengan kita, terlepas dari agama minoritas ataupun mayoritas.

Sebagai warga negara Indonesia yang baik juga kita harus saling menghargai supaya kita bisa hidup berdampingan walau berbeda seperti menghargai ketika sedang mengadakan acara di agama lain

Tidak boleh mengintervensi dan memaksakan agama atau kepercayaan kepada warga negara lainnya yang berbeda kepercayaan atau agamanya.

Menghormati bukan berarti ikut serta dalam kegiatan di agama lain misal memberikan tempat parkir untuk umat agama lain menjalankan kegiatan nya

Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak agama. Oleh karena itu, ketika butir-butir sila pertama ini tidak dimaknai dan tidak dilaksanakan dengan baik, maka dapat berujung kepada perpecahan bangsa.

Tinggalkan Balasan