oleh

BLOGKU BUKU CATATANKU

-KMAB-Telah Dibaca : 56 Orang

pexels-ekrulila-2255355

BLOGKU BUKU CATATANKU

Blogku buku catatanku, judul ini saya ambil karena memang demikianlah faktanya. Setiap kali aku melihat sesuatu yang menggelitik hati atau yang membuat mataku terkesima, rasanya segera ingin menulisnya di blog. Ide-ide muncul tatkala sedang sendiri dan sepi ataupun ketika pada saat ramai bersama komunitas apapun dan di manapun. Terlebih ketika perjalanan ke kantor atau ke rumah.

Ketika kendaraan berjalan melambat karena macet, kesempatan untuk membuat draf artikel di HP yang kemudian dipindahkan ke laptop. Walau sebenarnya aku dapat menulis langsung di bog dengan menggunakan HP, namun aku lebih suka membuat konsep terlebih dahulu kemudian menyimpannya di folder laptopku.  Setelah aku mendapatkan gambar-gambar yang tepat untuk artikelku barulah blog aku buka dan mulai aku isi dengan konsep yang telah aku buat. Cukup dengan copy paste saja. Lebih mudah dan tampak rapi.

Keuntungan membuat konsep dan menyimpan di laptop, aku bisa menyusunnya sesuai kelompok dari topik yang sudah aku siapkan di folder-folder dengan nama-nama tertentu. Ketika sudah cukup banyak mulailah artikel-artikel itu aku gabungkan sehingga dapat menjadi sebuah buku yang dapat dinikmati para pembaca.

Link blog yang berisi artikelku kemudian aku share ke teman-teman sesama penulis atau teman yang hobi membaca. Target pembacaku beragam sehingga artikel yang aku share mungkin akan dibaca atau tidak di baca. Hal itu tidak masalah bagiku karena yang terpenting aku dapat menuangkan ide dan berbagi dengan orang lain. Aku biasanya cukup sekali mengirim ke group yang sama. Terkadang link aku tertumpuk link-lik lain atau info dari teman-temanku sehingga ada kemungkinan tidak terbaca. Namun aku tidak patah semangat karena aku dapat mengirimkannya secara pribadi kepada sahabat dekatku dan kebanyakan di baca.

Blog memang sangat membantu untuk menyimpan berbagai tulisan namun aku tetap memperhatikan isi dari artikel yang akan aku tulis. Aku tidak suka menulis dengan topik yang kotroversial, aku cenderung menyukai topik yang dapat memotivasi diri sendiri atau orang lain. Topik yang aku pilih juga aku seleksi. Topik yang menurutku biasa saja bisa dikemas menjadi topik yang lebih menarik menurut versiku dan isinya harus menyatu. Tidak mudah memang namun aku harus tetap belajar dari para guru bloggerku, seniorku dan rekan-rekanku.

Blogku yang merupakan buku catatanku harus diisi dengan sesuatu yang dapat mengingatkanku ketika aku lupa. Tatkala aku mengetik dengan kata yang aku inginkan maka tampillah artikel yang lengkap. Lebih mudah untuk mencarinya dengan kata kunci satu kata walau kadangkala yang akan keluar adalah blog orang lain yang memiliki kata kunci yang sama. Jika memiliki waktu yang banyak tidak mengapa sambil membaca blog orang lain sehingga akan mendapatkan ilmu yang baru.

Nah itu mengapa aku memilih blog sebagai buku catatanku.

 

Quotes:

Terima kasih guru bloggerku

Terima kasih para seniorku

Terima kasih sahabat literasiku

Karena dirimu aku memilih blog sebagai tempat menuangkan ideku

Karena dirimu aku dapat memiliki keluarga baru

 

NANI KUSMIYATI

Jonggol, 1 Desember 2022

Komentar

Tinggalkan Balasan