TANGGUNG JAWAB SAYA SEBAGAI WARGA INDONESIA

Negara adalah organisasi kekuasaan yang berdaulat dengan tata pemerintahan yang melaksanakan tata tertib atas orang-orang di daerah tertentu. Negara juga merupakan suatu wilayah yang memiliki suatu sistem atau aturan yang berlaku bagi semua individu di wilayah tersebut dan berdiri secara independen. Kewarganegaraan adalah segala hal ihwal yang berbuhungan dengan warga negara. Warga negara adalah warga suatu negara yang ditetapkan berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Saya Nur’Ailia Safitri termasuk salah satu warga negara Indonesia. Setiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban masing-masing. Hak selalu berdampingan dengan kewajiban dimanapun keberadaan pemakaiannya. Hak secara umum dapat didefinisikan sebagai apa-apa yang diperoleh, atau adanya kebebasan dalam menggunakannya yang dimana secara mutlak menjadi kepunyaan atau hak milik.

Hak dari suatu warga negara tertentu diantaranya mempunyai perlindungan dan memperoleh jaminan rasa aman saat berada di negara Indonesia. Kewajiban mempunyai arti sebagai suatu yang harus dilaksanakan atau suatu keharusan yang dimana tidak bisa ditinggalkan dan diganggu gugat. Kewajiban juga mempunyai tanggung jawab. Kita sebagai warga negara Indonesia tentunya mempunyai tanggung jawab masing-masing.

Sebagai warga negara yang menjalankan kewajiban yang selalu bergandengan dengan tanggung jawab. Tanggung jawab kita sebagai warga negara Indonesia adalah diantaranya :

  • Membayar pajak tepat pada waktunya
  • Menjaga fasilitas umum yang berada di negara Indonesia
  • Menjaga ketertiban dan keamanan wilayah Indonesia
  • Mematuhi perintah yang telah ditetapkan oleh pemerintah

Selain sebagai warga negara Indonesia, saya Nur’Ailia Safitri juga mempunyai hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai Mahasiswa. Hak saya sebagai mahasiswa adalah salah satunya  mendapatkan pembelajaran atau materi yang diberikan dari dosen, dapat menggunakan fasilitas kampus dengan nyaman.

Sedangkan kewajiban dan tanggung jawab saya sebagai mahasiswa yaitu dengan :

  • Mentaati peraturan yang telah dibuat oleh kampus
  • Mengerjakan tugas yang berikan dari dosen
  • Mengumpulkan tugas tepat pada waktunya
  • Menjaga sarana dan prasarana yang telah disediakan oleh kampus
  • Harus selalu mengasah otak dan berbicara dengan lantang dengan tujuan untuk menjadikan generasi muda yang berpendidikan dan bermoral.

Cinta tanah air Indonesia. Cinta tanah air merupakan wujud dari pengamalan Pancasila yaitu sila ketiga Indonesia yang berbunyi “Persatuan Indonesia“. Tanah air kita atau tanah Indonesia dikenal dengan beragam bentuk suku, budaya, adat istiadat, pulau yang beragam dan sumber daya alam yang berlimpah. Sebagai rakyat atau warga negara Indonesia pastilah kita mempunyai rasa cinta, kasih dan sayang terhadap negara Indonesia.

Salah satu bentuk apresiasi kita sebagai warga negara yang mencintai negaranya sendiri yaitu dengan memakai barang dan mencintai produk dalam negeri, belajar sejarah bangsa Indonesia, mengulik lebih dalam akan perbedaan ras, suku, dan budaya yang berada di Indonesia, ikut andil dalam merayakan hari-hari besar nasional, mencintai akan keberagaman makanan yang terdapat di Indonesia, dan yang paling penting adalah terus berkarya sesuai dengan bidang masing-masing.

Karna dengan kita mengasah suatu keahlian yang tertanam didalam diri kita maka kita akan semakin fasih dalam keahlian tersebut. Yang nantinya jika suatu saat keahlian kita membawa pengaruh dan nama baik bangsa Indonesia di negara luar itu akan menjadi suatu kebanggaan, kehormatan tersendiri bagi diri sendiri dan bagi negara Indonesia.

 

Tinggalkan Balasan

News Feed