Tanggung Jawab Saya Sebagai Wrga Negara Indonesia (WNI)

TANGGUNG JAWAB SAYA SEBAGAI WARGA NEGARA INDONESIA (WNI)
(SAYA CINTA INDONESIA)

Manusia, lahir, hidup dan berkembang dalam masyarakat. Tak seorang pun dapat hidup sebatang kara tanpa masyarakat. Sadar atau tidak, kita bergaul dengan tetangga dan sesama manusia dan turut serta dalam usaha-usaha dan kegiatan-kegiatan masyarakat.
Seorang warga negara adalah juga seorang anggota masyarakat di mana ia hidup. Tanggung jawab sebagai warga negara meliputi juga tanggung jawab sebagai warga masyarakat. Warga negara, masyarakat, dan negara adalah tiga istilah yang mempunyai hubungan erat, yang tak dapat dipisah-pisahkan.
Masyarakat dan negara selalu mengharapkan bahwa setiap warga negara adalah orang yang baik dan penuh rasa tanggung jawab terhadap masyarakat dan negara. Setiap warga negara Indonesia turut bertanggung jawab atas kemajuan dan kemunduran negara. Bila ia melihat kemajuan yang tercapai, sewajarlah juga bahwa ia turut berusaha keras untuk membantu pemerintahan guna mencapai perbaikan dan kemajuan.
Seorang warga negara mempunyai kesadaran dalam bernegara apabila ia mempunyai semangat kenegaraan yang hidup dan dinamis itu, ia selalu menempatkan kepentingan lain, termasuk di atas kepentingan pribadinya sendiri. Ia merasa bertanggung jawab terhadap keselamatan umum, tunduk dan taat kepada undang-undang Negara serta menjalankan kewajibannya terhadap negara dengan setia dan jujur.
Sebagai warga negara Indonesia kita harus mempunyai wawasan yang luas dan membuka cakrawala pandangan kita terhadap berbagai berita atau informasi-informasi dalam negri dan luar negri. Yaitu bangga menjadi bangsa Indonesia dan mengutamakan persatuan dan kesatuan, dan bersoaialisasi dengan sesama masyarakat, dan melestarikan lingkungan untuk wujud persatuan dan kesatuan dan untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab atas pemanfaatan lingkungan. Dan menegakkan kekuasaan guna melindungi kepentingan nasional. Dalam menentang hubungan internasional dalam upaya ikut menegakkan ketertiban dunia.
Maka dari itu kita bersama tingkatkan pendidikan rakyat Indonesia yang banyaknya anak-anak yatim dan miskin karena kurangnya biaya pendidikkan, mereka tidak dapat merasakan kehidupan yang layak. Maka itu sangat pentingnya pendidikan karena adanya pendidikan wawasan nusantara akan meluas dan otomatis negara kita akan cepat berkembang.
Indonesia adalah negara yang memiliki keanekaragam budaya, suku bangsa, dan agama. Semua itu diakui dan dilindungi dalam hukum sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kreativitas individu dan kelompok masyarakat diterima selama tidak merugikan kepentingan umum. Negara bertindak sebagai pelindung untuk menjaga agar kesejahteraan masyarakat terjamin. Negara juga berhak ikut campur dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat untuk melsksanakan UUD 1945.
Oleh karena kita tidak bisa membendung gerak maju globalisai, maka yang harus dilakukan adalah memahaminya sebelum menentukan sikap menolak atau menerima dengan sesama
Demikian yang dapat saya paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi.

Tinggalkan Balasan