Mewujudkan Mimpi Menjadi Penulis Buku

 

Sejumlah penulis berhimpun di YPTD (Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan) untuk mewujudkan mimpi mereka menjadi penulis buku.

Mereka datang dari berbagai latar belakang pendidikan dan profesi. Mulai dari wartawan, guru, dosen, mahasiswa, ustadz, tentara dll di Jabodetabek, bahkan ada dari Banyuwangi Jatim dan Manggar Bangka Belitung.

Salah satu buku yang diterbitkan YPTD adalah buku saya “Wartawan Bangkotan, Jurnalisme Investigatif”, berisi kumpulan kisah liputan dari lapangan (promosi dikit hehe…)

YPTD yang dikelola Pak TD — panggilan akrab Pak Thamrin Dahlan, adalah yayasan yang bergerak di bidang literasi, khususnya penerbitan buku yang ber-ISBN. Baik kumpulan tulisan dari berbagai penulis (kompilasi), kumpulan karya sendiri, atau tulisan yang dimuat di webs www.terbitkanbukugratis.id

International Standard Book Number, atau ISBN, adalah “pengindentikasian unik” untuk buku-buku yang digunakan secara komersial. Sistem ISBN diciptakan di Britania Raya pada tahun 1966 oleh seorang pedagang buku dan alat-alat tulis W H Smith dan mulanya disebut Standard Book Numbering atau SBN (wikipedia).

Yang istimewa dari YPTD ini, proses pracetak hingga sudah berwujud berupa buku, semuanya GRATIS…TIS..TIS.. Kita tinggal setor naskah buku : judul, kata pengantar, daftar isi, jumlah halaman. Soal editing, desain cover semua YTPD. luar biasa kan?

“Alhamdulillah, ini yayasan keluarga Bang Nur. Sudah diniatkan dari awal sebagai ladang amal. Jadi kami hanya memfasilitasi dan mewujudkan mimpi jadi penulis buku menjadi kenyataan,” kata Pak TD, dosen, purnawiran Polri dan penulis produktif ini.

Bagaimana awal berdirinya komunitas penulis YPTD ini, dan proses naskah tulisan para penulis dikumpulkan, diedit dan dilengkapi ISBN berikut disain cover?

Tonton konten video reportase saya ya. Jangan lupa like, komen share dan subscribe ya? Tks. Salam, Nur Terbit.

Tinggalkan Balasan