GRATIS! Terbitkan Buku Bersama Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD)

Seorang penulis pasti ingin menerbitkan hasil karya tulisannya berupa buku. Saya sebagai seorang narablog juga ingin memiliki buku sendiri sebagai dokumentasi pribadi karena buku adalah jendela dunia. Lumayan tulisan di blog sudah ada sekitar 460 lebih artikel yang sudah saya terbitkan sejak tahun 2016. Empat tahun perjalanan menulis membuat saya makin peka dengan dunia literasi. Ternyata menulis bukan hanya sekadar menulis saja, tapi juga banyak aspek pendukung agar tulisan enak dibaca, misalnya memperbanyak refrensi buku bacaan dan riset. Pertemuan saya dengan Pak Thamrin Dahlan membuka peluang untuk terbitkan buku secara gratis. Saya jadi tahu cara gratis terbitkan buku bersama Yayasan Pusakan Thamrin Dahlan (YPTD).

 

yayasan-pusaka-Thamrin-Dahlan
Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan

Apa Itu Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD)?

Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan adalah sebuah yayasan yang membantu para penulis untuk menerbitkan buku secara gratis serta menggiatkan dunia literasi secara optimal. Hal ini terinspirasi dari amanat pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea ke 4 yang berbunyi mencerdaskan kehidupan bangsa. Makanya YPTD mau membantu para penulis menerbitkan sebuah buku. Visi dan misi YPTD yaitu mewakafkan diri untuk kemaslahatan umat khususnya di bidang literasi Indonesia.

Saya mengetahui Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan dari acara temu kompasianer tanggal 19 Agustus 2020 lalu di Coffee Toffee, Margonda Depok dalam rangka satu dekade Thamrin Dahlan menulis.  Saya senang bisa bertemu dengan para senior yang telah berpengalaman di bidang menulis. Terlebih dengan Pak Thamrin Dahlan yang sudah menerbitkan puluhan buku. Pas acara itu beliau baru menerbitkan buku yang ke 30 berjudul Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jakarta. Isi buku tentang situasi pandemi Covid-19 yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya yang beliau tulis di platform kompasiana.

Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan menjanjikan dan menjamin buku yang diterbitkan tidak dipungut biaya alias GRATIS. Pasti seneng deh dengar kata gratisan. Buku yang diterbitkan oleh YPTD akan diurus kode  identifikasinya International Standart Book Number (ISBN) yaitu kode pengidentifikasian  buku yang bersifat unik, biasanya letaknya di cover buku bagian belakang, semacam barcode. ISBN ini diurus ke Perpustakaan Nasional lalu dicetak.  Kenapa buku harus ber ISBN? Karena sebagai identitas yang diterbitkan oleh penerbit dan memperlancar distribusi buku. Siapa tahu buku kita masuk jejeran best seller di rak toko buku ternama. Saya teringat perkataan Pak Thamrin Dahlan bahwa buku adalah mahkota seorang penulis.

 

ISBN pada buku
Contoh kode ISBN pada terbitan buku

Cara Gratis Terbitkan Buku Bersama YPTD

Penasaran kan bagaimana cara gratis terbitkan buku bersama Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan? Gampang banget! Simak ya :

  1. Siapkan naskah atau artikel pilihan yang ingin dijadikan buku
  2. Halaman buku minimal 150
  3. Kirim ke email thamrindahlan@gmail.com atau WA ke 08159932527
  4. Tunggu persetujuan atau kabar dari YPTD

Beberapa penulis sudah ada yang berhasil menerbitkan buku ber-ISBN dari Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan. Semangat saya semakin terpacu untuk mengumpulkan artikel terbaik dan mencetaknya menjadi sebuah buku. Buku yang menjadi kenang-kenangan seumur hidup saya dan mahkota terindah. Seneng banget kan buku kita terdaftar dan tersimpan abadi di Perpustakaan Nasional. Ayo gunakan kesempatan bagus ini!

 

 

Tinggalkan Balasan