oleh

Wiryono

-Foto, Terbaru-Telah Dibaca : 336 Orang

 

Buku ini ditulis oleh Wiryono ketika sedang di Amerika, sedang menyelesaikan program Doktor di Sana.

Wiryono bukanlah ustadz yg belajar agama di pesantren, dia kuliah di fakultas kehutanan UGM.

Tetapi dia punya tekad dan sedikit pengetahuan bahasa Arab, sebagaimana dia akui sendiri dalam prakata buku ini.

” Berbekal sedikit pengetahuan tata bahasa Arab dan penguasaan kosa kata penting, sedikit demi sedikit Saya mulai dapat mengerti ayat-ayat Al-Qur’an langsung dari bahasa aslinya. Menghafal ayat-ayat Al-Qur’an jadi terasa mudah karena tahu maknanya. Kemampuan yang masih sedikit itu menumbuhkan perasaan senang sekali”

Masih menurut Wiryono, ” Saya belum pernah mendapat pengajaran bahasa Arab dan sering mendengar bahasa Arab itu adalah ” bahasa yang paling sulit di dunia,” maka bahagia sekali rasanya saya mulai dapat mengerti bahasa Al-Qur’an”.

Maka mulailah Wiryono menulis buku ini, dia menjadikan buku Dr Hasanuddin Ahmed, ” An easy way to the understanding of the Qur’an” sebagai rujukan.

Menurut bukunya Hasanuddin itu, Kita bisa memahami lebih dari 50% isi kandungan Al-Qur’an jika Kita hafal kata-kata yang muncul sepuluh Kali atau lebih dalam Al-Qur’an.

Jadi, buku ini memang pas buat teman-teman yang awam dalam bahasa Arab tapi punya keinginan untuk dapat mengerti bahasa kitab suci.

Buktinya apa, masa orang awam dapat mengerti arti dari tulisan berbahasa Arab?

Pernah mendengar atau membaca basmalah kan?

Teman-teman ngerti enggak arti basmalah? Kita tidak perlu mengetahui tata bahasa Arab untuk mengerti kalo artinya adalah ” dengan nama Alah yang Maha Pengasih Dan penyayang”.

Buku ini terdiri dari dua bagian. Bagian pertama berisi pengantar tata bahasa Arab, tentu saja tidak mungkin hanya membaca buku ini teman-teman langsung faham tata bahasa Arab seluruhnya, namanya juga pengantar ( senyum ?tapi paling tidak dengan menguasai dasar-dasar tata bahasa Arab, teman-teman dapat lebih mudah menghafal kosa-kosa kata dalam Al-Qur’an. Ya, minimal bisa buka kamus bahasa Arab, karena Kita mafhumi bersama kamus bahasa Arab standar di susun berdasarkan akar kata dasar. Bagaimana cara mengenal akar kata?, Ya belajar tata bahasa Arab lah.

Bagian kedua buku ini berisi daftar kata yg muncul sepuluh Kali atau lebih dalam Al-Qur’an disertai contoh ayat Al-Qur’annya.

Akhirul Kalam, kalau teman-teman merasa awam dalam bahasa Arab, tapi punya keinginan memahami kitab suci Al-Qur’an, maka buku ini sangat saya rekomendasikan.

Condet, persiapan berangkat kerja.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed