Survey COPS : Elektabilitas Mbak Puan Meroket

Sumber gambar : liputan6.com

Selamat pagi sobat,

Pemasangan Baliho bergambar Ketua DPR RI Puan Maharani di berbagai kota besar di Indonesia mulai membuahkan hasil. Menurut survey yang dilakukan oleh lembaga survey Citra Opini Polling Study (COPS) menunjukkan elektabilitas Puan Maharani untuk calon Presiden di Pemilihan Presiden tahun 2024 meningkat secara signifikan. Elektabilitas mbak Puan, begitu sapaan akrab putri dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri hanya kalah dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Seperti dirilis oleh rmol.id (26/08/2021) bahwa hasil survey COPS yang dilakukan pada tanggal 1-13 Agustus 2021 menempatkan Ketua DPP PDIP Puan Maharani sebagai salah satu tokoh yang diinginkan menjadi Presiden dengan memperoleh 9,3 persen.

Puan hanya dikalahkan oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang memperoleh 9,9 persen dan menyalip Guberbur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang hanya memperoleh 8,4 persen. Secara berurutan di bawah Gubernur Jawa Tengah itu ada Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (7,1 persen), Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo (6,8 persen), Jenderal TNI (Purn) Moeldoko (5,5 persen) dan Ketua Umum Partai Kebangkutan Bangsa Muhaimin Iskandar dengan perolehan 5,1 persen.

Survei COPS memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin of error kurang dari 2,4 persen.

Menurut survey COPS bahwa temuan data COPS dari 1668 responden, tokoh paling dikenal publik adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan 93,7 persen. Pada urutan kedua Ketua DPR RI Puan Maharani yang menembus 90,8 persen dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berada di urutan ketiga dengan 82,2 persen.

Yang menarik untuk dicermati adalah survey yang dilakukan oleh COPS ini tidak terdapat nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang selalu tampil di papan atas dari survey yang dilakukan oleh lembaga survey lainnya. Demikian tidak ada nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil alias kang Emil.

Dua tokoh senior dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau yang lebih dikenal dengan PDI Perjuangan yaitu Ketua DPR RI Puan Maharani dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang sempat dikabarkan terjadi perseteruan, nampaknya terus bersaing dalam hal eletabilitas sebagai calon Presiden yang bakal diusung oleh Partai berlambang Banteng Moncong Putih.

Di berbagai survey dari lembaga survey lainnya, elektabilitas dari Ganjar Pranowo selalu unggul bahkan dengan selisih cukup jauh dari Puan Maharani. Elektabilitas Ganjar Pranowo selalu bersaing di papan atas dengan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Namun dua bulan belakangan ini, Puan Maharani memang begitu gencar untuk menaikkan elektabilitasnya dengan pemasangan Baliho dan juga bagi bagi sembako dengan tas bergambar dirinya.

Apabila keakuratan survey dari COPS cukup signifikan dalam menunjukkan elektabilitas mbak Puan meroket dan menyalip Ganjar Pranowo maka tentu saja mbak Puan mempunyai peluang besar untuk diusung oleh PDI Perjuangan menjadi calon Presiden atau calon Wakil Presiden di pemilihan Presiden tahun 2024.

Dua nama dengan elektabilitas tertinggi seperti hasil survey dari COPS yaitu Prabowo Subianto dan Puan Maharani berpeluang besar untuk menjadi pasangan Presiden dan Wakil Presiden pada pemilihan Presiden tahun 2024.

Peluang tersebut sangat dimungkinkan apalagi jika dilihat dari hasil survey untuk Partai Politik yang bakal bertarung di pemilihan legislatif tahun 2024 menunjukkan bahwa PDI Perjuangan dan Partai Gerindra selalu mempunyai elektabilitas dalam urutan dua besar.b

Apabila kedua partai tersebut kembali berkoalisi baik di Pemerintahan maupun di lembaga legislatif (DPR) maka bakal menjadi kekuatan politik yang cukup diperhitungkan.

Waktu Pilpres dan Pileg memang masih sekitar tiga tahun lagi dan bisa saja dalam kurun waktu tersebut terjadi perubahan konstalasi politik yang bisa saja memunculkan tokoh baru dalam pertarungan memperebutkan kursi Presiden dan Wakil Presiden di Pemilihan Presiden tahun 2024.

Kita tunggu saja ..

Sobat, saatnya saya undur diri ..

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 28 Agustus 2021

Tinggalkan Balasan