Menjaga Konsistensi Dalam Menulis

Selamat siang sobat,

Ketika menulis sudah menjadi rutinitas atau menulis sudah menjadi kebutuha sehari hari maka sesungguhnya seseorang itu telah dapat menjaga konsistensi dalam menulis dan seseorang itu telah layak disebut sebagai penulis.

Seseorang yang sudah dapat menjaga konsistensi dalam menulis maka biasanya seseorang itu sudah mempunyai tujuan atau goal untuk apa dia menulis. Salah satunya, tujuan yang ingin dicapai adalah mengumpulkan tulisan tulisannya menjadi sebuah buku.

Jika tujuannya adalah membuat sebuah buku maka seseorang itu biasanya akan fokus untuk menulis pada satu bidang saja. Oleh karena itu, seseorang itu sudah mempunyai komitmen untuk bisa mewujudkan tujuan yang akan dicapainya.

Dengan memiliki tujuan, fokus pada satu bidang dan komitmen untuk bisa mencapai tujuan maka seseorang itu biasanya sudah mempunyai rencana dengan skedul yang efisien, realistis dan secara berkala melakukan evaluasi dari kegiatan yang sudah dilakukan.

Hambatan dan gangguan untuk melakukan konsistensi dalam menulis tentu saja bisa terjadi, misalnya ada kegiatan baru yang menyita waktu menulis atau muncul kejenuhan dalam diri seseorang untuk menulis. Bila hal ini terjadi maka disinilah pentingnya untuk mereskedul rencana yang sudah dibuat dan upayakan mengusir kejenuhan dengan rehat sejenak dengan membuat aktivitas lain seperti membaca buku, olahraga ringan atau berlibur ke suatu tempat.

Bila seseorang sudah melakukan konsistensi dalam menulis dan akhirnya dapat membuahkan hasil sesuai dengan tujuan yang sudah ditetapkan maka seseorang itu akan mendapat kepuasan batin dari apa yang sudah dilakukannya dalam hal menulis.

Ada yang mengatakan bahwa,

karena menulis aku ada

karena menulis aku bahagia

dan karena menulis aku ceria

Sesungguhnya menulis itu adalah salah satu nikmat yang diberikan Tuhan untuk manusia ..

Sobat, ijinkan saya menyampaikan sebuah pantun sebelum saya undur diri :

Mpok Hindun Buat Rumah Minimalis

Namun Dalamnya Terlihat Optimal

Bila Kita Konsistensi Dalam Menulis

Kita Akan Menuai Hasil Maksimal

***

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 3 Agustus 2023

Tinggalkan Balasan

1 komentar

  1. Terima kasih Mas Nurwendo meramaikan kembali website YPTD
    Mulai Juli 2023 saya tidak memberikan kuliah lagi. Pensiun sebagai Dosen di Usia 71, Waktu sekarang digunakan kosentrasi dan fokus mengelola YPTD membantu teman teman menerbitkan buku
    Salam Literasi