Meraih Prestasi Di Lingkungan Kerja Baru

Selamat pagi sobat,

Di pagi hari yang cerah ini saya mengangkat topik di rubrik NGETEH MORNING tentang Meraih Prestasi Di Lingkungan Kerja Baru.

Apa yang diinginkan oleh kebanyakan orang setelah ia lulus kuliah dan memperoleh ijasah S1nya ? Setelah dia menyandang gelar Sarjana Ekonomi (SE) atau Sarjana Teknik (ST) atau gelar sarjana lainnya. Yang diinginkan tentulah bekerja sesuai dengan
bidang ilmu yang telah dipelajarinya di bangku Universitas selama bertahun tahun.

Demikian pula yang diinginkan oleh kebanyakan orang setelah lulus dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah bekerja sesuai bidang kejuruan yang ditekuninya selama 3 tahun.

Namun keinginan untuk segera bekerja tentu tidak mudah karena terbatasnya lowongan pekerjaan dan kalaupun ada haruslah melalui seleksi yang ketat. Orang orang yang diterima di sebuah tempat kerja adalah orang orang yang dianggap mampu dan
cakap untuk melakukan beban kerja sesuai bidang pekerjaannya.

Apa yang akan ditemukan saat seseorang itu telah diterima di sebuah tempat kerja setelah melalui berbagai test ? Dia akan memasuki suasana baru, suasana lingkungan kerja baru yang sama sekali tidak ditemui sebelumnya.

Ada atasan dia, ada sesama rekan kerja dalam satu tingkat/level dan ada bawahan dia. Tentu dia akan akan menemui berbagai sifat manusia yang harus dihadapi dalam rutinitas bekerja.

Bisa jadi dia akan menghadapi atasan yang angkuh, sok kuasa dan arogan, atau dia akan menghadapi atasan yang ramah, membimbing dan terbuka dalam menyelesaikan masalah. Bisa jadi dia akan menghadapi rekan satu level yang sok tau, sok pintar dan gak suka ada yang lebih pintar.

Atau dia akan menghadapi rekan satu tingkat yang ramah, saling bekerja sama dan berbagi tugas.

Bisa jadi dia akan menghadapi bawahan yang suka cari muka dan tak cakap dalam bekerja. Atau dia akan menghadapi bawahan yang rajin bekerja dan cakap dalam menyelesaikan tugas.

Kesemuanya adalah tantangan yang harus dihadapi pada diri seseorang saat memulai bekerja di lingkungan kerja baru.

Lantas apa yang harus diperbuat dalam upaya menyesuaikan diri di lingkungan kerja yang baru tersebut ?

Jadilah diri sendiri, jangan mudah terpengaruh oleh lingkungan
kerja yang kadang tidak kondusif. Pahami gaya kerja atasan, sesuaikan dengan kemampuan diri dan beranilah berkata “tidak” bila tidak sesuai dengan aturan kerja.

Demikian pula dengan rekan kerja satu level, biasakan bekerja secara team work, saling melengkapi dan jangan bertindak one man show demi menyenangkan atasan.

Untuk bahawan, berikan arahan kerja yang tepat dan terukur serta selalu beri contoh yang baik
dalam menyelesaikan pekerjaan serta bersikap ngemong dan adil terhadap semua bawahan.

Kunci utama dalam meraih prestasi kerja di dalam lingkungan kerja baru adalah dengan disiplin disamping harus ada kemampuan, kemauan dan kesempatan.

Seseorang harusmampu menerapkan disiplin di dalam lingkungan kerja. Apakah disiplin terhadap waktu, tepat waktu saat masuk, tepat waktu saat meeting.

Selain juga disiplin terhadap
penyelesaian pekerjaan, jangan ditunda tunda dan upayakan sesuai skedul.

Ingatlah,

“Segala sesuatu yang bernilai tidak akan datang dengan mudah” ..

Saya tutup tulisan ini dengan sebuah pantun :

Makan Roti Bakar Pakai Selai

Sambil Menikmati Pagi Nan Indah

Segala Sesuatu Yang Bernilai

Tidak Akan Datang Dengan Mudah

Sobat, saatnya saya undur diri dan mari kita nikmati secangkir teh hangat di pagi hari ini ..

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 10 September 2021

Tinggalkan Balasan