Biduri Bulan, Batu Yang Bersinar Bak Rembulan Malam

 

Sudah cukup lama saya ingin memiliki Batu Biduri Bulan namun saya jarang menemukan lapak yang menjual batu Biduri Bulan tersebut, baik lapak di pasar batu akik maupun lapak online. Kalaupun ketemu, nilai jualnya yang selangit dan jenis batu Biduri Bulan yang bukan menjadi keinginan saya untuk memilikinya.

Namun hari itu tepatnya Selasa, 9 Juni 2020, saya mengunjungi lapak online yang sudah menjadi langganan saya. Lapak yang berdimisili di kota Semarang ternyata menjual jenis batu Biduri Bulan yang selama ini saya cari. Ada berbagai ukuran batu cincin namun kebanyakan berukuran dimensi kecil. Setelah memilah milih dan mendapat jaminan bahwa batu Biduri Bulan ini asli dan natural maka saya memutuskan untuk memilih batu cincin Biduri Bulan yang berdimensi 20 mm x 15 mm dan ukuran tersebut adalah yang paling besar.

Dua hari berselang, batu cincin Biduri Bulan yang saya beli sudah mendatat di rumah. Batu Biduri Bulan atau juga disebut dengan moonstones ini merupakan salah satu jenis batu mulia yang memiliki ciri khas yaitu motif yang terlihat mirip dengan batu akik putih susu.

Namun yang membuat jenis batu Biduri Bulan terlihat menarik dan tampil beda dengan jenis batu akik yang lain yaitu batu Biduri Bulan memiliki kemampuan untuk mengeluarkan bias cahaya biru yang terpancar dari dalam batu yang berwarna putih seperti halnya sinar cahaya dari bulan di waktu malam sehingga batu Biduri Bulan memiliki kesan batu yang misterius dan bernuansa mistis.

Menurut penelitian para ahli bebatuan bahwa batu Biduri Bulan ini memiliki skala kekerasan sebesar 6-6,5 skala mohs. Disamping itu menurut penelitian bahwa batu Biduri Bulan ini memiliki struktur kimia yang terdiri dari potassium alumunium silicate dengan rumus kimia (Na, K) AlSi 3 O 8.

Batu Biduri Bulan kebanyakan berasal dari India dan dari Srilanka (Ceylon) dengan berbagai ukuran, jenis dan kualitas yang berbeda.

Menurut sejarahnya, sejak ribuan tahun yang lalu batu Biduri Bulan dianggap sebagai jenis batu akik yang penuh nuansa mistis, menyimpan aura dan diyakini bisa memberikan pengaruh magis pada pemakainya meskipun pada abad ke 21 ini jenis batu ini lebih disukai karena keunikan dan keindahan bentuk batunya. Di India batu moonstone dianggap masyarakat setempat sebagai batu yang melambangkan kebijaksanaan dan batu yang suci atau keramat.

Menurut jenisnya, batu Biduri Bulan terdiri dari beberapa jenis yaitu :
1. Batu Biduri Bulan polos
Tidak memiliki efek apapun dan ciri khas batu biduri bulan polos adalah warna putih yang bening seperti kaca serta terdapat warna air beras dengan warna yang lain seperti coklat, oranye dan abu-abu.
2. Batu Biduri Bulan Biru (blue flash moonston).
Batu Biduri Bulan Biru (blue flash moonstone) di dalamnya terdapat efek sinar biru yang sangat indah jika dilihat yang dikenal dengan istilah bluesheen atau blue feldspar.
3. Batu Biduri Bulan Cat’s Eye
Batu Biduri Bulan Cat’s Eye memiliki efek berupa sinar putih yang terlihat seperti garis lurus dengan bentuk mata kucing.
4. Batu Biduri Bulan Star Moonstone
Batu Biduri Bulan Star Moonstone dimana jenis batu ini memiliki ciri kristal putih bening namun kurang memiliki keindahan seperti jenis batu Biduri Bulan yang lain.

Adapun ciri batu Biduri Bulan yang asli untuk jenis batu biduri bulan biru “blue flash moonstone” memiliki ciri kristal yang bening mirip kaca, kalaupun kurang bening adalah karena serat kristal yang terlihat mirip es serta ada inklusi atau kotoran alami seperti noda atau rambut dan adanya cahaya warna biru yang bergerak mengikuti sumber cahaya.

Untuk jenis batu Biduri Bulan cat’s eye “cats eye moonstone” memiliki ciri kristal yang terlihat sangat bersih dan bening sehingga bebas dari kotoran, inklusi dan serat seperti rambut yang bisa dilihat dengan menggunakan kaca pembesar 10x (loop 10x) dan adanya cahaya putih lurus yang terlihat seperti mata kucing.

Batu Biduri Bulan yang saya miliki ini berjenis batu blue flash moonstone yang bening dengan adanya serat dan sedikit kotoran hitam yang terlihat. Namun hal tersebut justru akan menambah keindahan batu Biduri Bulan dengan adanya keindahan permainan efek blue sheennya dimana pergerakan dari sinar biru dalam batu Biduri Bulan akan terlihat terhambat jika terhalang serat seperti serat es.

Untuk menjaga kualitas batu Biduri Bulan milik saya ini maka saya harus menjaga kebersihan dan kebeningan batu Biduri Bulan tersebut dengan mengolesinya dengan minyak zaitun.

Biduri Bulan adalah batu kemilau bias biru bagai bulan memancarkan sinarnya di waktu malam ..

Subhanallah ..

 

NH

Depok, 11 November 2020

Tinggalkan Balasan