Mari Kita Bicara Tentang Madura: Kuliner Lainnya yang Tak Kalah Sedap

KMAB, Kuliner, Terbaru59 Dilihat

Seperti daerah lainnya di Indonesia, Madura kaya akan kekayaan kuliner. Selain yang sudah pernah saya ceritakan di artikel-artikel sebelumnya, masih banyak kuliner yang perlu dicobai.

Apa kalian pernah menyantap rengginang khas Madura? Dulu aku kurang suka akan rengginang yang tawar dan asin, tapi berkat rengginang Madura yang disebut rengginang lorjuk, aku jadi menyukainya.

Rengginang lorjuk kaya cita rasa karena mengggunakan lorjuk, semacam kerang laut yang kecil memanjang seperti bambu, sebagai salah satu bahannya. Lorjuk juga kerap disebut kerang bambu.

Bentuknya juga unik seperti mangkuk. Ia tidak akan terlalu mekar ketika digoreng.

Rengginang lorjuk
Rengginang lorjuk yang unik (sumber gambar: Bobo)


Cobalah membelinya. Di toko oleh-oleh Surabaya biasanya juga dijual rengginang lorjuk.

Kalian juga bisa sekalian membeli lorjuk kering atau lorjuk goreng yang siap makan. Lorjuk kering bisa disajikan dengan digoreng, ditumis, atau dimasak dengan kuah dan bumbu-bumbu lainnya. Lorjuk memiliki rasa gurih dan kenyal, dengan aroma laut yang menggoda selera.

Selain lorjuk ada aneka macam makanan Madura yang mungkin masih asing. Aku sendiri juga sebagian belum pernah mencicipinya.

Lorjuk
Lorjuk yang sedap diolah apa saja (sumber gambar: Warta Bromo)

 

Masakan Unik Madura Lainnya

Berikut beberapa menu Madura yang kukumpulkan dari ranah maya. Ada kaldu kokot yakni sup berbahan kokot alias kulit sapi yang dimasak dengan kacang ijo,duo bawang, pala, jahe, dan daun bawang. Lalu disantap dengan singkong goreng. Ehm nampak sedap ya.

Lalu ada topak ladeh. Ini juga semacam sup dengan bahan betis sapi. Ada bumbu lengkuas, jeruk purut, kayu manis, dan kencur. Masakan topak ladeh biasa disajikan dengan ketupat.

Lalu ada bubur manggul. Ini mirip bubur sumsum tapi lebih berbumbu, dengan adanya daun salam. Ia biasa disajikan dengan sambal goreng udang dan serundeng.

Lainnya ada apen dulit dan lopis emas. Yang satu mirip kue lupis hanya dibentuk daun pisang berbentuk segitiga. Sedangkan apen dulit mirip kue apem dengan saus guma merah yang dicampur jahe dan kayu manis.

Wah aku menulis ini jadi berasa lapar sendiri. Sedap-sedap ya masakannya.

Ķaldu kokot
Ķaldu kokot unìk karena ada kacang hijaunya (sumber gambar: Detikfood)


Ini adalah tulisanku terakhir tentang kuliner Madura. Berikutnya tulisanku akan lanjut ke wisata Madura, baru ke daerah lainnya.

Jangan lupa sarapan ya teman-teman.

Gambar cover dari Merdeka

Tinggalkan Balasan