El Savador, Negara-negara Amerika Tengah dan Animasinya

Mari kita berkunjung ke El Savador. Ia adalah negeri bangsa Maya yang kemudian dikalahkan oleh bangsa Spanyol. Sejak itu bahasa Spanyol menjadi bahasa resmi dan terjadi akulturasi antara kebudayaan Spanyol dan lokal. Hari orang mati dan masakan pupusa semacam tortila adalah hal yang unik dari negara ini.

Bagaimana dengan riwayat animasi negara ini?
Jose Zelaya, animator Disney adalah animator kelahiran El Savador.

Animasi buatan El Savador dan Meksiko adalah film pendek tiga menitan berjudul “Yóllotl: Corazón” yang dirilis tahun ini. Film ini bercerita gadis kecil dan kakeknya. Animasinya menggunakan boneka dan stop motion.

Bagaimana dengan Guatemala, negara tetangga El Savador?
Saya hanya menemukan sebuah animasi karya Jorge Hernández tahun 2012 tentang serangga. Saya juga belum menemukan referensi tentang animasi dari Honduras dan Nicaragua

Selanjutnya saya menemukan hal menarik tentang animasi dari Kostarika dan Panama. Kostarika memiliki 10 studio animasi dan mereka umumnya bekerja sama dengan industri animasi dari negara lainnnya seperti India. Proyek animasi dengan India berjudul
“Ek Khiladi Ek Haseena,”.

Panama sendiri memiliki festival film animasi yang diikuti negara-negara Amerika Tengah. Panama Animation Festival, namanya. Tapi sayangnya sulit sekali menemukan referensi terkait animasi Panama dan daftar film yang diputar dalam festival tersebut.

Gambar dari Youtube

Tinggalkan Balasan