Cara mempertahankan kondisi sehat saat pandemi covid-19

Terbaru34 Dilihat

Pada saat ini di Indonesia sedang menghadapi kehidupan yang besar akibat wabah penyakit coronavirus atau di sebut juga dengan (COVID 19) Penutupan sekolah, physical distancing, banyak hal berat yang harus dilalui dan tentunya ini adalah masa yang sulit bagi seluruh anggota keluarga .

Hal pertama yang yang bisa kita lakukan sebagai seorang anak adalah dengan mengatakan kepada keluarga jangan cemas atau khawatir,cemas itu normal bagi setiap seseorang.

Para psikolog sudah lama menyadari bahwa kecemasan adalah fungsi normal dan sehat yang bisa membuat kita waspada terhadap ancaman dan membantu kita untuk mengambil tindakan untuk melindungi diri dan keluarga.

Kita bisa mencegahnya dengan cara melakukan 6M, yaitu:
1.Mencuci tangan dengan sabun
2.Menjaga jarak
3.Menjauhi kerumunan
4.Memakai masker
5.Menghindari makan bersama
6.menjaga pola makan sehat.

Banyak yang mengatakan bahwa tinggal di rumah selama pandemi COVID-19 adalah momen baik bagi tubuh untuk memperoleh gizi seimbang. Atur menu makanan kita dan keluarga agar tetap memenuhi unsur-unsur zat gizi yang lengkap dalam jumlah yang sesuai, sehingga tidak lebih dan tidak kurang.

Kita dapat menerapkan konsep menu gizi yang seimbang terdiri dari:
-Setengah porsi piring makan berupa sayur dan buah beraneka jenis dan warna .
-Seperempat porsi piring makan diisi karbohidrat kompleks (beras/ biji-bijian)
-Lengkapi dengan minyak sehat (zaitun/ kedelai/ jagung/ kanola). Hindari minyak yang mengandung lemak jenuh atau kolesterol tinggi.

Selain itu kita juga mengatur waktu istirahat , Memiliki waktu istirahat yang cukup sangat penting untuk mempertahankan rutinitas tidur yang teratur, agar hari-hari tetap berjalan sesuai pola normal. Pastikan kita tidak bergadang karena dapat berakibat buruk pada kesehatan kita. Selain cukup istirahat, pastikan diri kita selalu terhidrasi dengan baik lewat konsumsi air putih secara teratur dalam jumlah yang cukup (rata-rata 8 gelas/hr).

Kebiasaan mengkonsumsi makanan bergizi akan berdampak pada tingkat energy dan produktivitas kita, hal ini juga akan menjaga kita dari kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji yang tidak baik bagi tubuh kita.

Selain mengatur pola makan kita, aktifitas fisik tetap diperlukan untuk menyeimbangkan kondisi kesehatan tubuh kita. Ada banyak macam olah raga yang bisa kita kerjakan di rumah, bahkan tanpa menggunakan alat peraga apapun. Hal ini akan menyempurnakan perubahan pola hidup sehat kita untuk kedepannya .

Berbagai cara dan tips sudah dilakukan untuk membuat hari-hari selama di rumah akibat pandemi virus corona ini tetap produktif. Mulai bekerja seperti biasa, belajar secara rutin, serta melakukan aktivitas lainnya. Satu hal penting, semua aktivitas yang dilakukan hendaknya bisa membawa kondiisi fisik dan mental kita tetap terjaga baik,dan tidak mengalami gangguan.

Nah itu beberapa tipe atau cara kita bagaimana mempertahankan kondisi sehat keluarga

Tinggalkan Balasan