Tanggung jawab saya sebagai warga negara indonesia (wni) saya cinta indonesia

Terbaru0 Dilihat

Tanggung jawab saya sebagai warga negara Indonesia (WNI)

Saya Cinta Indonesia

 

Indonesia memiliki 34 provinsi berawal dari Sabang sampai merauke, dengan berbagai Agama, suku, bangsa, ras dan etnis, menanamkan rasa kebinekaan, hal inilah yang membuat Negara ini menjadi kaya, ikatan persaudaraan tidak pandang bulu, dan tidak membeda-bedakan antar suku ataupun antar golongan. Dengan hal ini, membuktikan bahwa bangsa Indonesia dapat hidup bertoleransi.

Dimulai, dari sekolah dasar, saya sudah diajarkan guru saya tentang NKRI dan budaya Indonesia. Teman sekolah saya berasal dari beragam daerah, ada yang dari Jawa barat, kalimantan, sumatera dan sulawesi. Walaupun berbeda-beda, teman saya tetap menghargai dan saling menjaga satu sama lain.

Dari kebiasaan pun juga berbeda, walaupun teman saya berasal dari pulau Sumatera, teman saya menggunakan bahasa yang agak tegas. Berbeda dengan di tempat saya di Jawa timur, bahasa yang digunakan lebih halus. Bisa dibayangkan bermacam-macam ragam bahasa di Indonesia. Di Jawa timur, memiliki batik yang beragam dari setiap daerah. Di pulau Indonesia yang lain juga memiliki batik yang beragam tetapi berbeda corak.

Indonesia memiliki semboyan yaitu bhinneka Tunggal Ika yang memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Makna dari berbeda-beda tetapi tetap satu jua adalah walaupun kita berbeda suku, agama, ras, dan antar golongan tetapi kita tetap satu. Sama seperti di pancasila sila ke-3 yang berbunyi “persatuan Indonesia”. Mengapa kita harus bersatu? Karena dengan bersatu, indonesia bisa menjauhi dari paham-paham radikalisme, paham yang menentang pancasila dan UUD 1945.

Seperti di era globalisasi ini, banyak informasi dari luar yang dapat menimbulkan dampak negatif, rasa cinta tanah air sudah tidak sekuat dulu. Sebagai warga Indonesia harus teliti dan memilih informasi yang sesuai dengan jati diri bangsa. Maka dari efek globalisasi, bangsa Indonesia harus mengambil dampak positif globalisasi dan menerapkannya.

Kita sebagai warga negara Indonesia berkewajiban bertanggung jawab untuk menanggung segala sesuatunya. Kita hidup didunia ini mempunyai tanggung jawab yang harus kita kerjakan, entah itu tanggung jawab terhadap diri sendiri, tanggung jawab terhadap Tuhan YME, tanggung jawab terhadap masyarakat, tanggung jawab terhadap bangsa dan negara dan lainya.

Saya sangat bangga sekali jadi WNI dan saya cinta Indonesia. Dan kita harus menghargai jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Tanpa mereka, mungkin hari ini kita kasih dijajah oleh bangsa lain dan tidak akan merdeka. Dam contoh menghargai di saat ini adalah dengan mengikuti upacara, mengikuti keteladanan para pahlawan nasional, dan aktif berorganisasi di masyarakat/sekolah.

 

Ramadhan Yogie Patnarajja
20030
Kewarganegaraan

Tinggalkan Balasan