Bisakah Menjadi Penulis Dari Nol?

Kata Pengantar Guru Blogger Indonesia

Bisakah Menjadi Penulis dari Nol?

Menjadi penulis dari nol bukan sekadar pandai menulis diblog saja, akan tetapi lebih dari itu. Anda harus mampu memberikan makna dan nilai tambah bagi penulis itu sendiri. Pengalamam Omjay biasa-biasa saja. Seorang guru biasa yang dapat menulis diblog dan mampu berkolaborasi dengan penulis-penulis lain sehingga tulisan dapat dijadikan buku dan diterbitkan. Berbagi ilmu dan pengalaman itu tidak pernah merugi. Kita bisa berbagi ilmu lewat blog di internet. Hal itulah yang omjay lakukan selama 13 tahun ini. Orang tahu omjay dari tulisannya di blog. Kesuksesan itu butuh proses. Ibarat bertani. Kita akan menghasilkan padi yang bagus kalau prosesnya bagus. Ingat selalu ilmu padi. Kian berisi kian merunduk.

 

Disamping itu, banyak pengalaman Omjay dalam menerbitkan sebuah buku, mulai dari penerbit mayor sampai penerbit Indie. Hal ini sangat memerlukan proses yang panjang. Adanya penolakan demi penolakan terhadap tulisan kita oleh penerbit mayor itu hal yang biasa. Omjay memulainya dari nol dan menikmati prosesnya hingga saat ini. Omjay juga merasakan pahitnya ditolak, dan ternyata itu menjadi obat agar Omjay menulis lebih baik lagi dan memiliki nilai jual di mata penerbit mayor.

 

 

Semoga pengalaman Omjay sebagai Guru Blogger Indonesia ini dapat memacu dan memicu  penulis lainnya untuk terus menulis dan menulis dari nol. Menulis apa yang terjadi dan menulis untuk menginspirasi orang lain, karena dengan sebuah tulisan apalagi di era digital sekarang, sebuah status di media sosial akan sangat berpengaruh bagi kehidupan seseorang. Menulislah untuk membuat anda berprestasi, omjay telah menuliskannya di blog yang bisa dibaca di https://wijayalabs.wordpress.com/2020/10/10/menulislah-untuk-berprestasi-3/

 

 

Oleh karena itu, mari guru-guru Indonesia dan siapapun mulailah menulis dan menulislah mulai sekarang. Banyak buku-buku yang mampu menembus beberapa hal, yaitu: pertama inspiratif, buku bermanfaat dan menginspirasi orang-orang. Pembaca tergugah sehingga bisa berubah. Kedua unique atau unik. Buku yang laku adalah yang unik dan jarang ditemukan di pasaran. Ketiga Sensional dan Kontroversial, Mengandung misteri, Problem solving. Memberikan solusi terhadap permasalahan-permasalahan kehidupan. Buku kita akan dicari pembaca bila memberikan solusi yang menarik.

 

 

Tetapi sekali lagi itu gak usah dipikirin. Apa yang kita mampu buat, kita yakini bahwa itulah karya terbaik kita saat itu. Terkadang membaca tulisan sendiri 10-11 tahun yang lalu juga sering membuat senyum-senyum sendiri. Dalam hal tulis-menulis banyak pakar yang memberikan tips-tips mudah menulis. Omjay sudah membuat panggung melalui WA Group Belajar menulis. Jagalah motivasi kita dalam menulis agar kita tetap bersemangat menulis. Dalam hal tulis menulis pada dasarnya adalah mudah dan gampang sehingga banyak penulis-penulis yang sudah mahir dan profesional tidak menghiraukan lagi apa kata orang yang terpenting menulis dan menulis. Hal itulah yang harus dimiliki oleh para penulis yang dimulai dari nol.

 

Ada beberapa tips menulis mudah antara lain dengan jargon “Menulis itu Mudah”, sehingga ada beberapa tips menulis yang diberikan: Menulislah, terus menulis, dan menulislah setiap hari. Tulislah tema-tema yang ada di sekeliling kita. Jagalah motivasi kita dalam menulis agar kita tetap bersemangat menulis. Sebagai guru banyak ide yang dapat ditulis menjadi buku. Ide menulis ada di depan mata kita. Penulis dari nol harus menciptakan goal. Tujuan itu penting agar apa yang dituliskan bermanfaat buat orang banyak.

 

Setiap Kompetensi Dasar (KD) dapat dikembangkan menjadi satu buku pengayaan. Buatlah outline agar tulisan terarah dan konseptual,  tulisan memiliki hubungan timbal balik yang disajikan dengan baik. Outline memudahkan penulis menciptakan klimak yang berbeda-beda. Dengan outline akan menghindari penggarapan topik lebih dari dua kali atau lebih dan outline memudahkan penulis mencari materi pembantu.

 

Di saat menulis hindari niat untuk mengoreksi atau mengedit. Tulis terus ide yang sedang membara. Buku yang kita tulis sesuaikan dengan masa perkembangan bahasa calon pembaca buku kita. Sesuaikan dengan jenjang buku sesuai UU No 3 tahun 2017 tentang Perbukuan. Di masa sekarang banyak materi yang dapat kita kembangnya menjadi buku pengayaan terutama untuk membantu anak dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Kendala kita dalam menulis adalah MALAS. Kita memiliki pengetahuan dan keterampilan menulis tetapi kita malas menulis.

 

Ingatlah selalu para penulis dari nol. Untuk menjadi penulis bukan ditentukan bakat. Menjadi penulis karena kemauan kita untuk menulis, terus menulis dan menulis setiap hari yang pada akhirnya menjadi terampil menulis. Menulis itu mudah, banyak orang yang sudah merasakan nikmatnya hasil dari menulis. Menulislah dengan mudah jangan terlalu dipikir terlalu mendalam. Dalam filsafat  bahasa Jawa, motivasi menulis itu ada tiga, yakni  cari jenang, artinya menulis untuk mendapatkan kebahagiaan.  Cari jeneng, artinya menuls itu untuk mendapatkan kedudukan karier yang diharapkan dan cari seneng, artinya menulis itu untuk mendapatkan kesenangan yang membuat hidup lebih bahagia.

 

Bagi penulis pemula biasanya motif seneng, yaitu motif terakhir tingkat tinggi, karena dipengaruhi nilai sosial dalam berbagi ilmu dan pengalaman. Setelah kebiasaan menulis ini dilakukan dengan lancar, maka saatnya menulis itu harus diarahkan pada suatu tujuan tertentu, atau pembaca tertentu. Misalnya pembaca untuk anak TK, SD, SMP, SMA atau umum. Sebaiknya menulis itu berpatokan pada payung hukum yaitu Undang-undang no 3 tahun 2017 tentang perbukuan. Dari sanalah penulis dari nol akan nongol.

 

Begitulah sedikit bagian-bagian menarik dalam buku menjadi penulis dari nol karya pak Rahmadi ini. Beliau mengajar di MAN Insan Cendekia Tanah Laut Kalimantan Selatan. Semoga buku ini dapat menjadi penyemangat kuat untuk mereka yang baru menjadi penulis dari nol. Benar-benar dari nol. Bacalah buku ini untuk menyemangati!

 

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Guru Blogger Indonesia

Blog http://wijayalabs.com

 

Cetak. Kamila Press. 081330944498   

Tinggalkan Balasan