I am proud to be a nurse

Gaya Hidup0 Dilihat

Assalamualaikum Wr.Wb

Perkenal nama saya Rima Prastiwi. Saya mahasiswi dari Akademi Keperawatan Polri Jakarta ingin menceritakan alasan saya kena memilih menjadi seorang perawat. Pada saat saya lulus SMP saya ingin sekali melanjutkan SMA tetapi ibu saya menyarankan saya untuk memilih di SMK Kesehatan jurusan keperawatan. Setiap malam saya merenungkan diri karena saya awalnya tidak ingin menjadi seorang perawat karena saya selalu berpikir bahwa menjadi seorang perawat itu pasti melelahkan.

Saya juga merasa kasihan melihat tante saya pulang kerja tampak terlihat kelelahan. Dan setelah beberapa minggu akhirnya saya nurut dengan kemauan ibu saya,  mau tidak mau saya akhirnya memilih SMK Kesehatan jurusan keperawatan karena kedua orang tua,tante,kakek,nenek,dan orang terdekat saya sangat mendukung saya untuk menjadi seorang perawat.

Pada saat pertama kali saya mendaftar di SMK Kesehatan jurusan Keperawatan pilihan pertama saya didaftar kan ayah saya. Setiba dilokasi ayah saya tertarik melihat peluang kerja TLM (Tekhnik laboratorium Medik) karena peluang tenaga kesehatan TLM lebih besar dan ayah saya menyarankan saya untuk pindah jurusan dipilihan kedua yaitu TLM tetapi saya tidak menginginkannya dan saya tetap memilih jurusan keperawatan pilihan ibu saya.

Setelah saya diterima di SMK Kesehatan jurusan keperawatan saya berniat baik untuk menyukai jurusan keperawatan, walaupun rasanya berat mau tidak mau saya harus menjalankan dan menyukainya. Pada akhirnya saya belajar pelan-pelan materi keperawatan dan tidak lama kemudian saya tertarik dengan ilmu keperawatan. Pada saat saya kelas XI Semester IV saya melaksanakan Praktik Kerja Lapangan Keperawatan  di Rumah Sakit, Praktik Kerja Lapangan keperawatan gerontik di Panti Sosial dan praktik kerja lapangan komunitas di daerah Jatiluhur saya sangat senang bisa mempelajari, mengaplikasikan ilmu yang sudah dipelajari di sekolah, mendapat pengalaman baru,mendapat berbagai ilmu dari kakak perawat.

Pada tanggal 25-26 November saya mengikuti ujian sertifikasi kejuruan dan Alhamdulillah saya kompeten menjadi Asisten Keperawatan. Pada saat saya lulus SMK saya ingin bekerja dipanti jompo didaerah Depok namun saya tidak diizinkan menjadi seorang perawat karena orang tua saya khawatir dimasa pandemi Covid-19 ini. Setiap sore saya mencoba sore saya mencoba browsing Perguruan Tinggi Negeri dan akhirnya saya daftar dibeberapa Perguruan Tinggi Negeri tetapi pada akhirnya Allah memberikan jalan lain.

Beberapa hari  setelah pengumuman Perguruan Tinggi Negeri diumumkan kemudian orang tua saya mengizinkan saya untuk menjadi seorang perawat kembali. Dan orang tua saya langsung menghubungi seorang perawat yaitu nenek saya yang bekerja di RS Polri dan nenek saya menyarankan saya untuk melanjutkan pendidikan D3 Keperawatan di AKADEMI KEPERAWATAN POLRI. Nenek dan Tante saya ingin sekali melihat saya menjadi penerus mereka menjadi seorang perawat.

Setelah saya lulus di AKPER POLRI saya ingin bekerja terlebih dahulu di RS selama 1 tahun sambil mengumpulkan biaya untuk melanjutkan S1 dan profesi ners. Pada suatu saat ingin menjadi Perawat PNS dan insyaallah jika ada rezeki saya ingin melanjutkan pendidikan jenjang S2 Keperawatan hingga kejenjang berikutnya. Aamiin Ya Allah aamiin Yarabbal alamin.

Wassalamualaikum Wr.Wb

Tinggalkan Balasan