Semangatku untuk Indonesiaku

 

 

Semangat adalah manifestasi dinamis atau ekspresi jiwa yang merupakan dorongan untuk bekerja dan berjuang. Jiwa dan semangat suatu bangsa menentukan kualitas nilai kehidupannya.

Semangat 45 adalah Dorongan dan manifestasi dinamis dari Jiwa 45 yang membangkitkan kemauan untuk berjuang merebut kemerdekaan bangsa, menegakkan kedaulatan rakyat serta mengisi dan mempertahankannya

Masa depan Bangsa Indonesia sangatlah ditentukan oleh para generasi muda Bangsa ini. Kaum Muda Indonesia adalah masa depan Bangsa ini. Karena itu, setiap pemuda Indonesia, baik yang masih berstatus pelajar, mahasiswa ataupun yang sudah menyelesaikan pendidikannya merupakan faktor-faktor penting yang sangat diandalkan oleh Bangsa Indonesia dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan juga mempertahankan kedaulatan Bangsa.

Adapun beberapa hal yang cukup sederhana untuk kita lakukan demi membangun indonesia menjadi lebih baik dan lebih berkualitas sebagai berikut :

  1. Agen of change, Membangun kesadaran yang diperuntukan kepada masyarakat awam yang kurang memiliki jiwa nasionalisme. Contohnya terjun langsung kedalam masyarakat dengan memberikan sosialisasi.
  2. Social control, Aksi yang dilakukan mahasiswa yang tidak anarkis dan memiliki kajian.
  3. Iron stock, Kaderisasi kepemimpinan, menciptakan banyak calon pemimpin yang berkualitas, berwawasan dan berjiwa nasionalisme yang dapat membawa indonesia ke arah yang lebih baik.

Tidak hanya ke tiga hal tersebut yang dapat kita lakukan tetapi banyak hal lain yang dapat kita lakukan seperti menulis. Menulis juga bisa menyalurkan inspirasi kita sebagai mahasiswa untuk membangun indonesia menjadi lebih baik, tidak hanya sekedar menulis saja tetapi tulisan tersebut dapat bermanfaat bagi indonesia.

Didalam semangat 45 pada generasi muda kita bisa melakukan:

a) Pendekatan Edukasi

Jalur keluarga :Orang tua berkewajiban mendidik anak anaknya supaya tanggap dan peka terhadap keadaan dan perkembangan lingkungan, pertumbuhan anak – anaknya ,penyebarluasan semangat 45

Jalur masyarakat: Melalui jalur masyarakat peranan dan keteladanan tokoh-tokoh masyarakat, para pemimpin informal yang berada ditengah – tengah lingkungan masyarakat sangat membantu dan menentukan untuk penghayatan dan pengamalan semangat45

b)Pendekatan Sosialisasi: Tujuan pendekatan sosialisasi agar masyarakat mengerti, menghayati dan mengamalkan semangat45.

c) Pendekatan jalur Agama : Pendekatan jalur agama adalah dimana pelestarian semangat 45 akan lebih mudah dalam kehidupan; beragama, demikian pula Alim ulama dan tokoh – tokoh agama sangat menentukan kelestarian semangat45.

Sebagai nilai perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya pembangunan watak dan kepribadian bangsa sebagai bangsa pejuang melalui pelaksanaan gerakan nasional, juga dijadikan sebagai kesadaran kebangsaan guna mempersiapkan warga negara terutama calon – calon pemimpin bangsa yang berkualitas dan menciptakan pemimpin sesuai cita – cita kebangsaan yang mampu mengemban citra Proklamasi 1945 dan menjadi perekat berbangsa dan bernegara. Salah satu contoh semangat45 yang ada pada masa kini yaitu masih diadakannya lomba-lomba pada perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia. Hal ini dapat memupuk jiwa , semangat, serta nilai 45 pada diri generasi muda dalam menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia.

Pada hari kemerdekaan merupakan momen bersejarah dan momen terpenting bagi suatu bangsa dan negara, termasuk juga bagi Indonesia. Pasalnya, kemerdekaan Indonesia diperoleh melalui perjalanan panjang dan perjuangan yang keras dari para pahlawan dalam merebut kemerdekaan dari para penjajah.

Wajar saja jika seluruh masyarakat Indonesia tidak pernah lupa akan hari kemerdekaan bangsa Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus ini. Banyak cara yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia untuk memperingati hari kemerdekaan, mulai dari upacara pengibaran bendera merah putih, peringatan proklamasi, karnaval budaya, hingga perlombaan tradisional khas 17-an.

Menghormati upacara bendera sebagai perwujudan rasa cinta tanah air dan bangsa Indonesia. Pahlawan menaikan bendera sang Merah Putih dengan darah dan pengorbanan mereka, kita sebagai peserta upacara harus menghormati bendera sang Merah Putih tersebut dengan tertib.

Namun perjuangan para pahlawan untuk merebut kemerdekaan seharusnya tidak hanya diperingati setahun sekali dengan perayaan-perayaan tertentu. Perjuangan tersebut harus dimaknai dan dilanjutkan oleh generasi muda dan sudah menjadi kewajiban kita sebagai generasi muda untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan yang sudah diraih dengan susah payah melalui perjuangan para pahlawan yang sudah mempertaruhkan jiwa dan raganya.

Lalu bagaimana cara generasi muda masa kini untuk mengisi kemerdekaan?

  1. Pengabdian ke masyarakat

Membantu masyarakat di salah satu daerah tertinggal untuk mengenalkan makanan khas daerah tersebut. Di sana mereka memberikan inovasi dan mengedukasi penduduk setempat untuk  membuat makanan khas di sana dapat dikenal di pasaran dan mampu bersaing dengan produk-produk makanan lainnya.

  1. Mendukung perkembangan produk dalam negeri

Banyak dari anak muda Indonesia yang lebih merasa bangga saat menggunakan produk dari brand-brand ternama di dunia. Tanpa disadari, hal tersebut justru dapat mematikan pertumbuhan dari brand-brand lokal yang beberapa diantaranya juga memiliki kualitas produk yang tidak kalah dengan brand luar. Saat ini, begitu banyak brand asli Indonesia yang bermunculan dalam berbagai bidang, salah satunya yang bergerak di bidang jual-beli online dan muncul dengan visi untuk membangun Indonesia yang lebih baik lewat internet.

Jika generasi muda merasa bangga menggunakan produk dalam negeri seperti Tokopedia dan brand lokal lainnya, maka akan mendukung perkembangan brand tersebut, bahkan juga mampu mendorongnya untuk dikenal oleh masyarakat dunia.

  1. Terlibat dalam memajukan sektor pendidikan

Aset terbesar dari suatu negara bukanlah sumber daya alamnya, melainkan sumber daya manusia dari negara tersebut. Oleh karena itu, untuk mendapatkan kemerdekaan yang sesungguhnya, diperlukan perbaikan kualitas sumber daya manusia Indonesia, terutama dalam hal pendidikan.

  1. Saling menghormati dan berbagi

sikap saling menghormati memang sangat diperlukan oleh masyarakat Indonesia yang pada dasarnya terdiri dari berbagai suku, ras dan agama yang berbeda-beda. Jika perbedaan tersebut tidak disikapi dengan rasa saling menghormati, maka tidak akan terjadi kemerdekaan yang sepenuhnya.

Tinggalkan Balasan

News Feed